Hubungan Pengetahuan K3 dengan Hasil Praktikum Mahasiswa di Workshop Konstruksi Teknik Sipil FT UNP
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui seberapa besar pengetahuan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil FT UNP angkatan 2019, (2) Mengetahui seberapa tinggi hasil praktik Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil FT UNP angkatan 2019, (3) mengetahui hubungan pengetahuan K3 dengan hasil praktikum Mahasiswa di Workshop konstruksi Teknik Sipil FT UNP. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional. Jumlah responden penelitian ini berjumlah 60 orang dari total sampel. Instrumen penelitian berupa tes. Validasi instrumen diuji dengan expert judgement dan persentase skor untuk menilai data dan analisis butir soal. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif, uji persyaratan analisis dan analisis korelasi pearson product moment dengan bantuan program Microsoft Excel 2013 dan SPSS 24.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) pengetahuan K3 Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil FT UNP angkatan 2019 termasuk dalam kategori tinggi. Hasil analisis data yang telah dilakukan, diperoleh persentase skor sebesar 80,94%. Hal ini menunjukkan bahwa Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil FT UNP angkatan 2019 memiliki pengetahuan dasar yang tinggi mengenai K3, (2) Hasil praktikum Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil FT UNP angkatan 2019 termasuk dalam kategori tinggi. Hasil analisis data yang telah dilakukan, diperoleh persentase skor yang tinggi yaitu 81,25%, (3) terdapat hubungan positif yang signifikan antara pengetahuan K3 dengan hasil praktikum Mahasiswa di Workshop Teknik Sipil FT UNP. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi pearson product moment sebesar 0,483 dan termasuk dalam kategori sedang.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.