MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANIMASI POWTOON PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK DI SMK NEGERI 1 SUMATERA BARAT

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Dori Mai Sasra
Fahmi Rizal

Abstract

Permasalahan yang ada pada Mata Pelajaran Gambar Teknik adalah media pembelajaran yang digunakan belum memadai serta kurangnya pemahaman peserta mengenai materi Gambar Teknik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis animasi powtoon pada mata pelajaran Gambar Teknik di SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Penelitian pengembangan ini menggunakan tahapan-tahapan Research and Development yang mengadaptasi model 4D. Instrumen yang digunakan berupa angket penilaian media pembelajaran untuk ahli materi, ahli media, dan siswa. Berdasarkan penilaian produk terhadap media pembelajaran berbasis animasi powtoon pada Mata Pelajaran Gambar Teknik oleh ahli materiĀ  memperoleh penilaian sebesar 88,33% dengan kriteria sangat valid yang ditinjau dari aspek kelayakan isi, kebahasaan, penyajian dan tampilan media, sedangkan penilaian oleh ahli media memperoleh penilaian sebesar 88,33% dengan kriteria sangat valid yang ditinjau dari aspek penyajian, tampilan dan pemograman. Penilaian dari 25 peserta didik yang terbagi atas dua tahapan yaitu tahapan pengujian skala kecil degan 5 orang peserta didik sebagai respondennya memperoleh nilai rata-rata 69,58% dengan kriteria praktis dan tahapan pengujian skala besar dengan 20 orang peserta didik sebagai respondennya memperoleh nilai rata-rata sebesar 82,60% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil penilaian, maka media yang dihasilkan dinyatakan layak dan praktis digunakan untuk media pembelajaran pada Mata Pelajaran Gambar Teknik

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Sasra, D., & Rizal, F. (2022). MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANIMASI POWTOON PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK DI SMK NEGERI 1 SUMATERA BARAT. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 3(1), 48-53. https://doi.org/10.24036/asce.v3i1.353566