MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANIMASI POWTOON PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK DI SMK NEGERI 1 SUMATERA BARAT
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Permasalahan yang ada pada Mata Pelajaran Gambar Teknik adalah media pembelajaran yang digunakan belum memadai serta kurangnya pemahaman peserta mengenai materi Gambar Teknik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis animasi powtoon pada mata pelajaran Gambar Teknik di SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Penelitian pengembangan ini menggunakan tahapan-tahapan Research and Development yang mengadaptasi model 4D. Instrumen yang digunakan berupa angket penilaian media pembelajaran untuk ahli materi, ahli media, dan siswa. Berdasarkan penilaian produk terhadap media pembelajaran berbasis animasi powtoon pada Mata Pelajaran Gambar Teknik oleh ahli materiĀ memperoleh penilaian sebesar 88,33% dengan kriteria sangat valid yang ditinjau dari aspek kelayakan isi, kebahasaan, penyajian dan tampilan media, sedangkan penilaian oleh ahli media memperoleh penilaian sebesar 88,33% dengan kriteria sangat valid yang ditinjau dari aspek penyajian, tampilan dan pemograman. Penilaian dari 25 peserta didik yang terbagi atas dua tahapan yaitu tahapan pengujian skala kecil degan 5 orang peserta didik sebagai respondennya memperoleh nilai rata-rata 69,58% dengan kriteria praktis dan tahapan pengujian skala besar dengan 20 orang peserta didik sebagai respondennya memperoleh nilai rata-rata sebesar 82,60% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil penilaian, maka media yang dihasilkan dinyatakan layak dan praktis digunakan untuk media pembelajaran pada Mata Pelajaran Gambar Teknik
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.