PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI 3D PADA MATA PELAJARAN KONSTRUKSI DAN UTILITAS GEDUNG KELAS XI DPIB SMKN 1 HILIRAN GUMANTI

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Zul Rafiq
Rusnardi Rahmad Putra

Abstract

Penelitian ini bertujuan unttuk menghasilkan produk media pembelajaran video animasi 3D yang valid dan praktis pada mata pelajaran Konstruksi dan Utilitas gedung. Penelitian pengembangan ini menggunakan tahapan Research and Development yang mengadaptasi model 4D. Langkah-langkah penelitian dan pengembangan model 4D  terdiri dari Define, Design, Development and Dissemination. Instrumen yang digunakan berupa angket penilaian media pembelajaran untuk validator ahli  materi, validator ahli media, dan siswa. Berdasarkan penilaian produk media pembelajaran video animasi 3D pada mata pelajaran KUG oleh validator materi 1 rata-rata skor adalah 4,4 dengan  sangat baik, penilaian validator ahli materi 2 didapatkan skor 4,8 dengan kategori sangat baik. Validator ahli media diperoleh skor 4,4 dengan kategori sangat baik. Pada praktikalitas respon siswa dengan nilai 86% kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penilaian, media yang dihasilkan dinyatakan sangat baik.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Rafiq, Z., & Putra, R. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI 3D PADA MATA PELAJARAN KONSTRUKSI DAN UTILITAS GEDUNG KELAS XI DPIB SMKN 1 HILIRAN GUMANTI. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 3(1), 54-59. https://doi.org/10.24036/asce.v3i1.356566

References

Arsyad, Azhar. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Fadilah, N., & Syah, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Pada Mata Kuliah Gambar Teknik. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 2(4), 295-301.

Nainggolan, I., & Mardizal, J. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi 3d Berbasis Sketchup Pada Mata Kuliah Aplikasi Konstruksi Batu. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 2(2), 199-205.

Riduwan. (2011). Belajar Mudah Penelitian Guru Karyawan dan Peneliti Pemula.Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitan Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian & Pengembangan: Research and Development. Bandung: Alfabeta.

Widoyoko, Eko Putro. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.