PERSEPSI MAHASISWA JURUSAN TEKNIK SIPIL FT-UNP TERHADAP PENGGUNAAN APLIKASI SIAKAMA UNP DALAM PEMBUATAN LAPORAN PLI
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Abstrak: Latar Belakang dari penelitian ini yaitu penggunaan aplikasi SIAKAMA yang merupakan program baru dalam penulisan laporan PLI oleh mahasiswa. Sebelumnya pembuatan laporan dilakukan secara manual atau laporan tertulis, sehingga belum diketahui apakah mahasiswa memahami prosedur pembuatan laporan secara online, pengelolaan, kendala serta kesiapan mahasiswa dalam pembuatan laporan PLI tersebut. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengungkap serta memberikan gambaran bagaimana Persepsi Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil terhadap penggunaan aplikasi SIAKAMA UNP dalam pembuatan laporan PLI. Jenis penelitian yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Jurusan Teknik Sipil FT-UNP pada semester ganjil Januari-Juni 2021. Populasi dan Sampel pada penelitian ini yaitu mahasiswa Jurusan Teknik Sipil FT-UNP yang telah melaksanakan PLI pada semeseter Januari - Juni 2021 berjumlah 67 mahasiswa dengan sampel uji coba sebanyak 30 orang dan sampel penelitian berjumlah 37 orang mahasiswa. Data pada penelitian yang diperoleh melalui angket yang telah disebar kepada mahasiswa yang dipilih menjadi sampel penelitian untuk mengetahui Persepsi Mahasiswa terhadap penggunaan aplikasi SIAKAMA. Berdsarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan didapatkan hasil penelitian yang menunjukkan persepsi mahasiswa Jurusan Teknik Sipil FT-UNP terhadap penggunaan aplikasi SIAKAMA dalam pembuatan laporan PLI adalah sebesar 82,5% dalam kategori baik, Dapat disimpulkan bahwa mahasiswa yang menggunakan aplikasi SIAKAMA memiliki gambaran persepsi yang terhadap penggunaan aplikasi tersebut.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.
References
Aldo, Livear Olivia. 2021. “Persepsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Tentang Merdeka Belajar-Kampus Merdeka”. Jurnal Applied Science in Civil Engineering Vol.2 No.1. Padang: Universitas Negeri Padang.
Khairy, Abdul Hafiz. 2021. “Persepsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Terhadap Pelaksanaan Mata Kuliah Praktik Berbasis Daring Daring”. Jurnal Applied Science in Civil Engineering Vol.2 No.1. Padang: Universitas Negeri Padang.
Lubis, Syahron. (2011). Metodologi Penelitian Pendidikan. Padang: Sukabina Press.
Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil dan Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda Karya.
Walgito, Bimo. (2010). Pengantar Psikologi Umum, cetakan pertama. Jakarta: Andi Offset.
Yustisia, Henny. 2020. Buku Petunjuk Aplikasi SIAKAMA pada Pengalaman Lapangan Industri (PLI) untuk Pengguna (User). Padang.