ANALISIS KINERJA JARINGAN JALAN DI DALAM KAMPUS UNIVERSITAS NEGERI PADANG
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Kota Padang merupakan ibukota Provinsi Sumatera Barat dimana pada daerah ini menjadi pusat perkantoran berbagai instansi pemerintah provinsi, hal tersebut tentu akan meningkatkan tarikan volume kendaraan ke Kota Padang karena tidak seluruh pegawai yang berasal dari dalam kota. Bertambahnya volume kendaraan akan menimbulkan permasalahan pada ruas jalan. Berdasarkan hasil penelitian terdahulu pada jalan Jhoni Anwar nilai derajat kejenuhannya sebesar 1,04 dan pada jalan Gajah Mada sebesar 0,99 artinya terjadi kemacetan yang tidak dapat ditolerir dan mengakibatkan kendaraan tidak dapat bergerak dengan kecepatan bebas. Peningkatan jumlah mahasiswa pada Universitas Negeri Padang akan berpengaruh pada kinerja jalan, jika kinerja jalan terganggu, kendaraaan pada ruas jalan akan mengalami tundaan yang akan menimbulkan kemacetan sehingga dapat mengganggu kelancaran dan kenyamanan berkendara hal tersebut akan menimbulkan permasalahan transportasi di kampus. Tujuan penelitian ini ialah untuk melihat kondisi kinerja jalan saat ini dan kondisi kinerja jalan di kampus UNP yang akan datang (5 tahun ke depan). serta untuk menentukan usulan manajemen lalu-lintas yang sesuai dalam mengurai kemacetan di lingkungan kampus. Analisis kinerja jaringan jalan dihitung menggunakan rumus yang berpedoman pada MKJI Tahun 1997 dengan data lapangan dalam kondisi riil. Dalam analisis kinerja jalan 5 tahun mendatang didapatkan nilai tingkat pelayanan pada persimpangan tertinggi sebesar 13,884 det/smp pada titik 2 dengan level C. Sedangkan pada ruas jalan didapatkan nilai derajat kejenuhan tertinggi sebesar 0,794 pada ruas 2 sehingga kinerja ruas menjadi level D. Melihat kinerja simpang dan ruas jalan dalam 5 tahun kedepan dibutuhkan pengaturan ulang (rekayasa lalu lintas) di kawasan UNP.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.