PERSEPSI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA I SECARA DARING

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Nazmi Septiani
Rijal Abdullah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil FT UNP terhadap pelaksanaan pembelajaran Matematika I secara daring, Persepsi mahasiswa dinilai dari 4 aspek, yakni ketuntasan belajar, aktivitas belajar, kemampuan pendidik dalam mengelola pembelajaran, dan sarana yang menunjang pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan yang sudah mengambil mata kuliah Matematika I. Pengumpulan data dilakukan mengunakan kuesioner yang diisi secara daring melalui Google Form. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan metode survei dengan data dianalisis menggunakan teknik analisis kuantitatif. Dari hasil penelitian diperoleh presentase sebesar (87,7 %) untuk aspek ketuntasan belajar, (77,2 %) untuk aspek aktivitas belajar, (66,7 %) untuk aspek kemampuan pendidik dalam mengelola pembelajaran, dan (57,9 %) untuk aspek sarana yang menunjang pembelajaran. Jadi bisa ditarik kesimpulan persepsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan terhadap pembelajaran daring pada mata kuliah Matematika I tergolong sedang.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Septiani, N., & Abdullah, R. (2022). PERSEPSI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA I SECARA DARING. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 3(2), 101-107. https://doi.org/10.24036/asce.v3i2.380566

References

Arizona, K., Abidin, Z., & Rumansyah, R. (2020). “Pembelajaran Online Berbasis Proyek salah satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar di Tengah Pandemi Covid-19”. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 64–70.
Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi. Pustaka Pelajar.
Darmadi, H. (2014). Metode penelitian pendidikan dan sosial. Bandung: Alfabeta.
Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). “Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid- 19 Pada Guru Sekolah Dasar”. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–870. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460
Rosali, E. S. (2020). “Aktifitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Siliwangi Tasikmalaya”. Geography Science Education Journal (GEOSEE), 1(1), 21–30.
Sudarsana, I. K., Lestari, N. G. A. M. Y., & Wijaya, & I. K. Y. A. dkk. (2020). Covid-19: Perspektif Pendidikan. (Issue 07). Cetakan I Denpasar: Yayasan Kita Menulis.
Syahron, L. (2011). Metodologi Penelitian Pendidikan. Padang: Sukabina.
Yeni, S., & Rani, I. G. (2021). Persepsi Mahasiswa Terhadap Efektivitas Penggunaan Multimedia Interaktif Pada Mata Kuliah Praktik Kerja Kayu. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 2(3), 239–245. http://asce.ppj.unp.ac.id/index.php/ASCE/article/view/146
Yuhelmi, U., & Body, R. (2021). Persepsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Tentang Pelaksanaan Praktek Lapangan Kependidikan (PLK) secara Daring (Dalam Jaringan). 2, 368–372.