FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LULUSAN PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UNIVERSITAS NEGERI PADANG MEMASUKI DUNIA KERJA SELAMA PANDEMI COVID-19
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang yaitu terhambatnya lulusan perguruan tinggi dalam mencari pekerjaan akan berdampak buruk bagi kehidupan individu di masa pandemi maka dari itu lulusan harus memiliki kesiapan yang matang untuk memasuki dunia kerja selama pandemi Covid-19 ini.. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor- faktor yang mempengaruhi kesiapan lulusan pendidikan teknik bangunan universitas negeri padang memasuki dunia kerja selama pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilakukan kepada lulusan PTB UNP tahun maret 2019 sampai juni 2021 sebanyak 60 lulusan. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu kuisioner dengan menggunakan skala Guttman.. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil dengan persentase faktor faktor kesiapan, kesiapan lulusan memasuki dunia kerja 51,42%, faktor internal 84,50 %, faktor eksternal 92,70 %, dan Covid-19 terhadap kesiapan kerja 73,38%.Berdasarkan hasil analisis data penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi kesiapan lulusan pendidikan teknik bangunan universitas negeri padang memasuki dunia kerja selama pandemi Covid-19 yang terdiri dari 3 indikator yang terbagi 4 sub bab indikator yaitu: kesiapan lulusan, faktor internal, faktor eksternal, dampak Covid-19 tehadap kesiapan.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.
References
Ali, Muhammad, 1985. Penelitian Kependidikan: Prosedur dan Strategi.
Arikunto, S. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Johan, Yolga Silvia & Andayono, Totoh. 2021. Faktor Penyebab Pilihan Karir Lulusan Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Jurnal Applied Science In Civil Engineering. Volume 2 Nomor 1, Maret 2021.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2016. Statistika Untuk Penelitian. Bandung:2016.
Suryabrata, Sumadi. 2019. Metodologi Penelitian. Depok: Rajawali Pres.
Sulistyarini, Emi Prabawati Dwi. 2012. Pengaruh Motivasi Memasuki Dunia Kerja Dan Pengalaman Praktik Kerja Industri TerhadapKesiapan Kerja Peserta Didik Kelas XII Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Tempel. Laporan penelitian. Semarang: UNY Press.
Syahrial, S. 2020. Dampak COVID-19 terhadap tenaga kerja di Indonesia. Jurnal Ners, 4(2), 21-29.