PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN ADOBE FLASH PROFESSIONAL CS6 PADA MATA KULIAH MEKANIKA REKAYASA II
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang yaitu sulitnya mahasiswa dalam memahami materi Mekanika Rekayasa II dalam perkuliahan online dan perlu adanya media pembelajaran interaktif berbasis Android pada mata kuliah Mekanika Rekayasa II. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis Android pada mata kuliah Mekanika Rekayasa II dalam bentuk Aplikasi. Penelitian ini menggunakan tahapan-tahapan Research and Development yang mengadaptasi model 4D, namun pada penelitian ini hanya sampai tahap 3D karena produk pengembangan tidak disebarkan. Instrumen yang digunakan berupa angket penilaian media pembelajaran untuk ahli media dan materi, serta mahasiswa. Produk media pembelajaran interaktif berbasis Android pada mata kuliah Mekanika Rekayasa II telah teruji kelayakannya oleh ahli media dan materi dengan rata-rata nilai sebesar 3,85 yang masuk dalam kategori baik. Sedangkan hasil uji praktikalitas oleh mahasiswa adalah 80% yang masuk dalam kategori praktis. Sehingga secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dibuat sangat layak digunakan.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.
References
Damar, Rizky Okta M. 2016. Sistem Pengelolaan Manajemen Koperasi Pada Koperasi Serba Usaha Trans Bayumas (Kotomas) Berbasis Android. Jurnal Teknik Informatika UMP.
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Febriza, Asyti dan Afdal, Zul. 2015. Media Pembelajaran dan Teknologi Informasi Komunikasi. Pekan Baru: Adefa Grafika.
Hakim, Ihsannul. 2020. Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Web Tools pada Mata Kuliah Kuantiti Surveying. Jurnal Applied Science in Civil Engineering Vol. 2. No. 4.
Hamka, Dimas, Muhammad Sobri, dan Syahrizal Rizal. 2012. Aplikasi Kamus Inggris–Indonesia Indonesia–Inggris Pada Platform Android. Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika.
Indartiwi, Asih, Julia Wulandari, dan Tenti Novela. 2020. Peran Media Interaktif Dalam Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal ISSN: 2654-8607.
Ismanto, Edi, Melly Novalia, dan Pratama Benny Herlandy. 2017. Pemanfaatan Smartphone Android Sebagai Media Pembelajaran Bagi Guru SMA Negeri 2 Kota Pekanbaru. Jurnal Untuk Mu negeRI Vol. 1, No. 1.
Istiyanto, Jazi Eko. 2013. Pemrograman Smart Phone Menggunakan SDK Android dan Hacking Android. Purwokerto: Graha Ilmu.
Jalinus, Nizwardi dan Ambiyar. 2016. Media & Sumber Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Khuzaini, Nanang dan Sulistyo, Tri Yogo. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Menggunakan Adobe Flash CS 6 Pada Materi Segiempat dan Segitiga. Jurnal Konferensi Pendidikan Nasional Vol. 2. No. 1.
Kurniawan, Dian dan Dewi, Sinta Verawati. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Media Screencast-O-Matic Mata Kuliah Kalkulus 2 Menggunakan Model 4-D Thiagarajan. Jurnal Siliwangi Vol. 3. No.1.
Kuswanto, Joko dan Radiansah, Febri. 2018. Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Sistem Operasi Jaringan Kelas XI. Jurnal Media Infotama Vol. 14.
Muhtar. 2020. Struktur Statis Tak Tentu Untuk Teknik Sipil. Jawa Timur: Pustaka Abadi.
Muyaroah, Siti dan Mega, Fajartia. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS 6 pada Mata Pelajaran Biologi. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology 6(2).
Nurhadi. 2010. Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Membaca. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Nursetyoaji, Gigih Akhid. 2014. The Wayangs, Role Playing Game Berbasis Mobile Dengan Actionscript Thewayangs, Role Playing Game Based On Mobile With Actionscript . Jurnal Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
Pharmadi, Ales. 2021. Pembuatan Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Struktur Baja Prodi S1 Pendidikan Teknik Bangunan. Jurnal Applied Science in Civil Engineering Vol. 2. No. 3.
Silalahi, Juniman. 2018. Mekanika Struktur Jilid 2. Padang: UNP Press.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Taroreh, Geraldo Reforman dan Resmadi, Idhar. 2020. Perancangan UI/UX Aplikasi Mobile Tentang Parenting dan Mengenal Karakter Anak Untuk Orang Tua di Indonesia. Jurnal Vol. 7, No. 2.
Widoyoko, Eko Putro. 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.