PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ADOBE FLASH PADA MATA KULIAH MEKANIKA REKAYASA 1 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN FT UNP
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Permasalahan yang ada pada mata kuliah Mekanika Rekayasa 1 adalah sulitnya mahasiswa dalam memahami materi Mekanika Rekayasa 1 dalam perkuliahan online, karena terkadang saat dosen menjelaskan sinyal putus – putus yang menyebabkan penyampaian materi tidak maksimal, dan perlu adanya media pembelajaran yang dapat membantu mahasiswa memahami materi dan contoh soal beserta penyelesaian pada mata kuliah Mekanika Rekayasa 1. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Adobe Flash pada mata kuliah Mekanika Rekayasa 1.Penelitian ini menggunakan tahapan-tahapan Research and Development yang mengadaptasi model 4D. Instrumen yang digunakan berupa angket penilaian media pembelajaran untuk ahli media, ahli materi, dan mahasiswa angkatan 2020 yang mengambil mata kuliah Mekanika Rekayasa 1. Berdasarkan penilaian produk media pembelajaran berbasis Adobe Flash oleh ahli media mendapat skor rata-rata 3,47 dikatakan sangat baik. Penilaian produk oleh ahli materi 1 memperoleh skor rata-rata 3,14 dikatakan sangat baik. Penilaian produk oleh ahli materi 2 memperoleh skor rata-rata 3,21 dikatakan sangat baik. Sejalan dengan penilaian dari ahli media dan materi, penilaian dari 20 mahasiswa mendapat rata-rata skor 80,36% masuk dalam kategori praktis digunakan. Berdasarkan hasil penilaian tersebut, media yang dihasilkan dinyatakan sangat baik dan praktis digunakan.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.
References
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.. Surat Edaran No. 1 Tahun 2020 Tentang Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Perguruan Tinggi (2020)
Pharmadi, Ales. (2021). Pembuatan media pembelajaran berbasis android pada mata kuliah struktur baja prodi S1 pendidikan teknik bangunan. Jurnal Applied Science in Civil Enginnering Universitas Negeri Padang, 2 (3), 296-297.
Sandi, Febri. (2021). Pembuatan media pembelajaran interaktif berbasis macromedia flash pada mata pelajaran mekanika teknik untuk siswa kelas X SMKN 1 padang. Jurnal Applied Science in Civil Enginnering Universitas Negeri Padang, 2 (1), 63.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : CV. Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : CV. Alfabeta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung : CV. Alfabeta.