PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI PADA MATA KULIAH STRUKTUR BAJA
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang yaitu perkuliahan Mata Kuliah Struktur Baja secara daring (online), Permasalah dalam perkuliahan adalah dosen tidak bisa memperlihatkan proses uji batang tarik kepada mahasiswa secara langsung, karena mahasiswa tidak bisa melakukan praktikum. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan sebuah produk media pembelajaran berbasis video animasi yang layak digunakan pada Mata Kuliah Struktur Baja.
Metode penelitian pada penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D). Subjek dalam penelitian ini adalah validator ahli yaitu 2 ahli materi dan 1 ahli media. Mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Bangunan yang telah mengambil mata kuliah sebanyak 20 orang mahasiswa yang melakukan perkuliahan secara tatap muka dan 20 orang mahasiswa yang melakukan perkuliahan secara daring. Serta Penilaian oleh dosen pengampu Mata Kuliah Struktur Baja sebanyak 3 orang dosen.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil penilaian produk oleh ahli materi 1 dengan skor 3,28 dengan kategori sangat baik, serta penilaian oleh ahli materi 2 dengan skor 3,28 dengan kategori sangat baik. Selanjutnya penilaian produk oleh ahli media diperoleh skor 3,65 dengan kategori sangat baik. Penilaian berdasarkan uji coba pada mahasiswa mendapatkan skor sebesar 3,19 dengan kategori sangat baik, Selain itu penilaian dari dosen pengampu mendapat nilai 3,49 dengan kategori sangat baik dan produk media pembelajaran layak digunakan pada proses pembelajaran Mata Kuliah Struktur Baja sesuai dengan hasil uji kelayakan yang telah dilakukan.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.
References
Cahyadi, Ani (2019). Pengembangan Media dan Sumber Belajar Teori dan Prosedur. Serang: Penerbit Laksita Indonesia.
Krismanto, Dony April (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Gerak Dasar Tenis Lapangan Untuk Anak Tingkat Sekolah Dasar Di Sekolah Tenis Kabupaten Temanggung. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Sugiyono (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.