Analisis Pengelolaan Workshop Kayu Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Kota Pariaman

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Febry Mahdi Ramadhan
Rusnardi Rahmat Putra

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian pengelolaan workshop kayu SMK N 1 Pariaman dengan standar minimal pemerintah. Penelitian ini memaparkan tentang pengelolaan workshop kayu dari segi data sarana dan prasarana, pemeliharaan, inventarisasi, dan penghapusan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif  kualitatif yang mengungkapkan  keadaan sarana dan prasarana workshop kayu Jurusan TGB SMK N 1 Kota Pariaman. Responden dalam penelitian ini berjumlah 5 orang dan dipilih menggunakan teknik purpose sampling. Responden yang dipilih yaitu Waka Sarana dan Prasarana, Ketua Program Keahlian, Kepala Workshop, serta guru mata pelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan workshop kayu Jurusan TGB SMK N 1 Pariaman dari segi deskripsi standar sarana dan prasarana  workshop yang mengacu pada Permendiknas No. 40 tahun 2008 dibagi menjadi dua variabel, yaitu: Kondisi ketersediaan alat di Workshop Kayu Jurusan TGB dikategorikan belum lengkap, Standar Prasarana Workshop Kayu Jurusan TGB terbagi menjadi empat variabel, yaitu Area kerja kayu tangan dikategorikan belum sesuai, Area kerja mesin-kayu dikategorikan belum sesuai, Area kerja kontruksi kayu dikategorikan belum sesuai, Ruang penyimpanan dan istruktur dikategorikan belum sesuai. Sedangkan pengelolaan berdasarkan standar Depdiknas tahun 2007 adalah pemeliharaan dikategorikan belum sesuai, inventarisasi dikategorikan belum sesuai, dan penghapusan dikategorikan  belum sesuai.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Ramadhan, F., & Putra, R. (2020). Analisis Pengelolaan Workshop Kayu Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Kota Pariaman. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 1(3), 106-111. Retrieved from http://asce.ppj.unp.ac.id/index.php/ASCE/article/view/41

References

[1]. Mendikbud. Peraturan Mentri No 32 Standart Pendidikan. Jakarta: Kemendikbud, 2013.
[2] Peraturan Menteri. Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 40 Standar Sarana dan Prasarana Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (SMK/MAK). Jakarta: Peraturan Pemerintah, 2008.
[3] Iskandar. (2009). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta. Gaung Persada (GP Press)
[4] Kurnia Aprilliany, Roemintoyo, Budi Siswanto, "Studi Kesesuaian Ruang Bengkel Kerja Kayu Program Keahlian Konstruksi Kayu Berdasarkan Permendiknas Nomor 40 Tahun 2008 di SMK N 5 Surakarta" IJCEE ISSN 2598-2931 Vol. 5 No.1 Juli 2019. 54-61
[5] Zahratul Hasanah, Juniman Silalahi, Iskandar G. Rani, “Analisis Kebutuhan Peralatan Workshop Kayu Berdasarkan Jobsheet di Jurusan teknik Sipil FT-UNP” CIVED ISSN 2302-3341 Vol. 3, Nomor 1, Maret 2015. 576-583
[6] Perta Mulya Putra, Chairul Israr, Juniman Silalahi, "Analisis Peralatan Bengkel Kerja Kayu SMK Negeri 5 Sungai Penuh" CIVED ISSN 2302-3341 Vol. 2, Nomor 3, September 2014. 524-533
[7] A. Gunadi and H. Usman, “Pengelolaan Unit Produksi SMK Negeri Rumpun Bangunan Di Daerah Istimewa Yogyakarta (Studi Kasus SMKN 2 Pengasih Kulongprogo)” Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 5, Nomor 2, Juni 2015. 145-160