EFEKTIVITAS PENGGUNAAN GAMIFIKASI DARING MELALUI APLIKASI KAHOOT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK KELAS X DPIB DI SMK NEGERI 1 HILIRAN GUMANTI
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Penggunaan Gamifikasi Daring Melalui Aplikasi Kahoot Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik Kelas X DPIB Di SMK Negeri 1 Hiliran Gumanti. Jenis penelitian ini penelitian eksperimen dengan mengunakan jenis penelitian kuasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X DPIB di SMK Negeri 1 Hiliran Gumanti yaitu berjumlah 20 siswa. Sampel pada penelitian ini berjumlah 20 orang yang diambil dari seluruh data populasi. Data penelitian dilakukan melalui link soal yang diberikan kepada siswa yang menjadi sampel penelitian untuk mengetahui keefektifan penggunaan gamifikasi daring melalui aplikasi kahoot. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian menunjukan efektivitas penggunaan gamifikasi daring melalui aplikasi kahoot terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran mekanika teknik kelas X DPIB DI SMK Negeri 1 Hiliran Gumanti dapat dikatakan efektif dengan melihat nilai perbandingan hasil pre-test dan post-tes kelompok eksperimen. Maka dapat disimpulkan bahwa siswa kelas X DPIB SMK Negeri 1 Hiliran Gumanti memiliki keefektifan yang baik.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.
References
Arifin, Z. (2017). Evaluasi Pembelajaran: Prinsip, Teknik, dan Prosedur, Cetakan ke-9. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Arsyad, A. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Grafindo Persada
Asia, Eli. 2018. “Efektivitas Penggunaan Repositori “Setiadi” (Senayan Sistem Elektronik Tesis dan Disertasi) di Perpustakaan Fakultas Hukum Universitas Negeri Semarang”. Artikel Ilmiah.
https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/viewFile/22940/20977.
Asnawi. 2013. “Efektivitas Penyelenggaraan Pelayanan Publik Pada Samsat Corner Wilayah Malang Kota”. Skripsi S-I Jurusan Ilmu Pemerintahan. Malang : FISIP UMM.
Furqon. (2014). Statistika Terapan untuk Penelitian, Cetakan ke-10. Bandung: Alfabeta
Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.
Hayyu Desi Setiawati, Sihkabuden, Eka Pramono Adi (2018) yang berjudul “Pengaruh Kahoot! Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Di SMAN 1 Blitar”
Hong, G. Y., & Masood, M. (2014). Effects of Gamification on Lower Secondary School Students’ Motivation and Engagement. World Academy of Science, Engineering and Technology, International Journal of Social, Behavioral, Educational, Economic, Business and Industrial Engineering, 8(12), 37333740.
J.J. Hasibuan & Moedjiono (2012). Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Lime (2018) yang berjudul “Pemanfaatan Media Kahoot Pada Proses Pembelajaran Model Kooperatif Tipe STAD Ditinjau Dari Kerja Sama dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII-I SMP Negeri 5 Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018”
Nana Sudjana. (2013). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Oemar Hamalik. (2013). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Cetakan ke-26. Bandung: Alfabeta.
Supardi. 2013. Sekolah Efektif, Konsep Dasar dan Praktiknya. Jakarta: Rajawali Pers.
Tiurma, Lisner dan Heri Retnawati. 2014. “Keefektifan Pembelajaran Multimedia Materi Dimensi Tiga Ditinjau dari Prestasi dan Minat Belajar Matematika di SMA”. Jurnal Kependidikan, Vol. 44, No. 2, , Hal175-187. (Online). http://jurnaluny.ac.id. Diunduh tanggal 8 Juli 2020.
Trianto. (2010). Pengantar Penelitian Pendidikan bagi Pengembangan Profesi Pendidikan & Tenaga Kependidikan. Jakarta: Prenada Kencana.
UU No. 20 Tahun 2003 BAB I, Pasal 1, Ayat1,Tentang Sistem Pendidikan Nasional
WHO. 2020 Tentang Covid-19
Yulianis, W., & Apdeni, R. (2021). Efektivitas Penggunaan Online Meeting Dalam Kondisi Physical Distancing Pada Mata Kuliah Mekanika Teknik Prodi Pendidikan Teknik Bangunan FT UNP. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 2(1), 155-159.
Zainal Arifin. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.