EVALUASI KUAT TEKAN BETON EKSISTING PADA BANGUNAN GEDUNG B SEKOLAH DASAR NEGERI 09 PASAMAN
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Sekolah Dasar Negeri 09 Pasaman didirikan pada tahun 1973 dimana sekolah ini mempunyai 3 gedung yaitu gedung A, B dan C. Gempa Pasaman Barat 2022 telah mengakibat kerusakan pada gedung B SDN 09 Pasaman. Untuk mengetahui kondisi eksisting gedung tersebut, maka perlu dilakukan pengecekan dan pengujian pada mutu beton bangunan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan nilai kuat tekan beton eksisitng, yang kemudian dapat dibandingkan dengan kuat tekan beton rencana. Metode penelitian yang digunakan adalah metode non-destruktif dengan menggunakan alat schimdt hammer untuk mengecek kuat tekan dan keseragaman beton pada elemen kolom, balok dan pelat eksisting. Setelah dilakukan pengujian dapat disimpulkan bahwa nilai kuat tekan beton eksisitng yang didapatkan berbeda dengan nilai kuat tekan beton rencana. Hasil pengujian kolom lantai 1 menunjukkan hasil kuat tekan beton eksisting yang lebih kecil dari kuat tekan beton rencana dengan perbedaan 16,53 %. Pada kolom lantai 2, kuat tekan beton eksisting lebih kecil dari kuat tekan beton rencana dengan perbedaan 22,02 %. Pada balok lantai 1 tipe 1, kuat tekan beton eksisting lebih besar dari kuat tekan beton rencana dengan perbedaan 3,22 %. Pada balok lantai 1 tipe 2, kuat tekan beton eksisting lebih besar dari kuat tekan beton rencana dengan perbedaan 1,98 %. Pada ring balok, kuat tekan beton eksisting lebih kecil dari kuat tekan beton rencana dengan perbedaan 60,04 %. Sedangkan untuk plat lantai, kuat tekan beton eksisting lebih besar dari kuat tekan beton rencana dengan perbedaan 12,33 %.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.