PENGARUH CAMPURAN TANAH CLAY DENGAN TRASS TERHADAP NILAI CALIFORNIA BEARING RASIO (CBR) LABORATORIUM SEBAGAI TANAH TIMBUNAN
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Jalan tol adalah bangunan sipil yang terletak di atas permukaan tanah dasar. Menghitung pengaruh daya dukung tanah timbunan penting dilakukan untuk menghitung beban yang bekerja pada struktur jalan tol. Dalam perencanaan struktur jalan, faktor utama yang harus deperhatikan adalah kondisi tanah itu sendiri, tanah yang baik adalah tanah yang butiran padat dan pasirnya sedikit. Metode untuk menentukan daya dukung tanah adalah dengan mencari nilai California bearing Rasio (CBR). Pada Proyek Pekerjaan Jalan Tol Ruas Pekanbaru – Padang Seksi Sicincin – Lubuk Alung – Padang mengunakan spesifikasi teknis jalan tol dengan mensyaratkan nilai CBR tidak kurang dari 6% sesuai dengan karakteristik daya dukung timbunan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah campuran tanah clay dengan trass dapat meningkatkan daya dukung tanah timbunan. Berdasarkan hasil penelitian didaptkan campuran tanah clay dengan trass dapat meningkatkan daya dukung tanah timbunan. Campuran 1:3 adalah campuran yang dapat digunakan sebagai timbunan CBM pada jalan tol.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.
References
Das, Braja.M.,1998. Mekanika Tanah(Prinsip- Prinsip Rekayasa Geoteknis) Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Depatemen Pekerjaan Umum, Spesifikasi 2010 Reevisi (2), 2021, Jakarta
Fathurrozi, & Rezqi, F. (2016). Sifat-Sifat Fisis Dan Mekanis Tanah Timbunan Badan Jalan Kuala Kapuas. Jurnal Poros Teknik, 8(1), 1–54.
Hariyanto, A., Satyarno, I., & Widiasmoro, W. (2009). Pemanfaatan Tras Dari Samigaluh Kulon Progo Sebagai Bahan Pozolan Untuk Campuran Mortar. Civil Engineering Forum Teknik Sipil, 19(1), 1065-1078–1078.
M. Das, Braja, Endah Noor, Dkk “Mekanika Tanah (Prinsip-Prinsip Rekayasa Geoteknis)”, 1998 Surabaya.
Terzaghi K Dan Peck R B, “Mekanika Tanah Dalam Praktek Rekayasa Jilid 1”, Erlangga, 1993, Jakarta.
Andoyono dkk. (2019). Hubungan Laju Infiltrasi Terhadap Kepadatan Tanah di Kawasan Permukiman. 0,593-602.
Karlan, Maya Juliana & Handayono, Totoh (2022). Peforma Hidrolis Infiltrasi Tanah Timbuan Untuk Permukinan di Kota Padang. Jurnal ASCE, 3 (1), 1-6.
Agung, M. Darma & Putra, Rusnardi Rahmat (2021). Evaluasi Potensi Likuifaksi Kota Padang Berdasarkan Data Investigasi Tanah dan Hubungannya dengan Frekuensi Natural Tanah.Jurnal ASCE, 2 (4), 412-419.