KONTRIBUSI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DPIB SMK NEGERI 2 SOLOK
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini didasari oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran konstruksi jalan dan jembatan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat kontribusi model pembelajaran Problem Based Learning pada hasil belajar siswa SMK N 2 Solok. Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperimen. Populasi dipenelitian ini yaitu kelas XI DPIB yang berjumlah 40 siswa. Sedangkan sampel pada penelitian ini merupakan dua kelas yaitu kelas XI DPIB 1 sebagai kelas Kontrol dengan sebanyak 20 orang siswa dan kelas XI DPIB 2 sebagai kelas uji coba yang berjumlah 20 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa yaitu soal tes pilihan ganda 15 soal. Model investigasi informasi yang digunakan dalam pemikiran ini adalah dengan memanfaatkan t-test. Berdasarkan pertanyaan tentang yang dilakukan, di atas bisa disimpulkan adanya dampak dari acara metode pembelajaran Problem based Learning pada hasil belajar siswa kelas XI DPIB SMK N 2 terhadap mata pelajaran konstruksi jalan dan jembatan. Nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa dengan skor 77,70 kategori lebih tinggi dari nilai posttest kelas kontrol dengan skor 56, 25. Hal ini juga dibuktikan dengan hasil pengujiaan hipotesis dimana uji Independent sample test dengan taraf signifikan 0,05 dengan kategori sig < α atau sig < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.