KONTRIBUSI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DPIB SMK NEGERI 2 SOLOK

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Salma Rahmadita
Yaumal Arbi

Abstract

Penelitian ini didasari oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran konstruksi jalan dan jembatan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat kontribusi model pembelajaran Problem Based Learning pada hasil belajar siswa SMK N 2 Solok. Jenis penelitian ini adalah  penelitian Eksperimen. Populasi dipenelitian ini yaitu kelas XI DPIB yang berjumlah 40 siswa. Sedangkan sampel pada penelitian ini merupakan dua kelas yaitu kelas XI DPIB 1 sebagai kelas Kontrol dengan sebanyak 20 orang siswa dan kelas XI DPIB 2 sebagai kelas uji coba yang berjumlah 20 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa yaitu soal tes pilihan ganda 15 soal. Model investigasi informasi yang digunakan dalam pemikiran ini adalah dengan memanfaatkan t-test. Berdasarkan pertanyaan tentang yang dilakukan, di atas bisa disimpulkan adanya dampak dari acara metode pembelajaran Problem based Learning pada hasil belajar siswa kelas XI DPIB SMK N 2 terhadap mata pelajaran konstruksi jalan dan jembatan. Nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa dengan skor 77,70 kategori lebih tinggi dari nilai posttest kelas kontrol dengan skor 56, 25. Hal ini juga dibuktikan dengan hasil pengujiaan hipotesis dimana uji Independent sample test dengan taraf signifikan 0,05 dengan kategori sig < α atau sig < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Rahmadita, S., & Arbi, Y. (2022). KONTRIBUSI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DPIB SMK NEGERI 2 SOLOK. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 3(3), 204-208. https://doi.org/10.24036/asce.v3i3.46783