KONTRIBUSI KESIAPAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA KULIAH GAMBAR BESTEK BANGUNAN MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN FT UNP

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ardiyan Ardiyan
Fahmi Rizal
Risma Apdeni

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat kontribusi kesiapan belajar  terhadap hasil belajar Gambar Bestek Bangunan mahasiswa program studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif korelasional.  Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan tahun masuk 2017 sebanyak 84 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik probability sampling (Simple Random Sampling). Berdasarkan  rumus Slovin dengan jumlah populasi (N) 84 pada taraf signifikansi (α) 0.05, diperoleh sampel sebanyak 70 orang. Pengumpulan data dari responden dilakukan melalui angket (kuesioner). Data kemudian dianalisis secara statistik dengan bantuan Microsoft Excel 2016 dan SPSS 17,00, menggunakan analisis korelasional. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat kontribusi kesiapan belajar terhadap hasil belajar Gambar Bestek Bangunan Mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan FT UNP. Besar koefisien korelasi yang diperoleh adalah sebesar 0,423 pada taraf signifikan 0,05. Hasil perhitungan koefisien determinasi menunjukan sumbangan yang diberikan oleh kesiapan belajar sebesar 17,89% terhadap hasil belajar.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Ardiyan, A., Rizal, F., & Apdeni, R. (2020). KONTRIBUSI KESIAPAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA KULIAH GAMBAR BESTEK BANGUNAN MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN FT UNP. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 1(1), 1-5. Retrieved from http://asce.ppj.unp.ac.id/index.php/ASCE/article/view/5

References

Wahyuni, Dwi. 2005. “Pengaruh Kesiapan Belajar, Motivasi Belajar, dan Pengulangan Materi Pelajaran Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi pada Siswa Kelas II MA Al Asror Gunung Pati Tahun Pelajaran 2004/ 2005”. Skripsi. Fak. Ilmu Sosial. Unessa.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Mulyani, Dessy. 2013. “Hubungan Kesiapan Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar”. Jurnal Ilmiah Konseling. Vol. 2. No. 1 Jan 2013. 27-30.

Media Project. (2013). (https://Projectmedias.Blogspot.Com. diakses 3 Juni 2017).

Putra, Kiki Eka. 2015. Kontribusi Kesiapan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Mata Pelajaran Gambar Bangunan Jurusan Teknik Bangunan SMK Negeri 5 Padang. Journal of CIVED. Vol. 3. No. 3. 722-728.

Fahmi, I. G. Rani, and P. Zola, “Kontribusi Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Ilmu Ukur Tanah Siswa Kelas X Jurusan Teknik Bangunan Smkn 5 Padang,” CIVED, vol. 5, no. 3, 2018.

A. P. Melinda, P. Zola, R. Abdullah, and R. Body, “Sosialisasi pekerjaan struktur rumah sederhana yang ramah gempa kepada buruh konstruksi di kecamatan matur kabupaten agam,” CIVED, vol. 5, no. 4, pp. 3–6, 2018.

Z. Annuar and P. Zola, “Pengaruh Pelaksanaan Pengalaman Lapangan Industri Terhadap Minat Memilih Profesi Guru Bagi Mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan,” Cived, vol. 6, no. 3, 2019.

S. Syahril, N. Jalinus, R. A. Nabawi, and Y. Arbi, “The Create Skills of Vocational Students to Design a Product: Comparison Project Based Learning Versus Cooperative Learning-Project Based Learning,” Adv. Soc. Sci. Educ. Humanit. Res., vol. 299, no. 5th UPI International Conference on Technical and Vocational Education and Training (ICTVET 2018) The, pp. 316–320, 2019.