KONTRIBUSI KESIAPAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA KULIAH GAMBAR BESTEK BANGUNAN MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN FT UNP
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat kontribusi kesiapan belajar terhadap hasil belajar Gambar Bestek Bangunan mahasiswa program studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan tahun masuk 2017 sebanyak 84 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik probability sampling (Simple Random Sampling). Berdasarkan rumus Slovin dengan jumlah populasi (N) 84 pada taraf signifikansi (α) 0.05, diperoleh sampel sebanyak 70 orang. Pengumpulan data dari responden dilakukan melalui angket (kuesioner). Data kemudian dianalisis secara statistik dengan bantuan Microsoft Excel 2016 dan SPSS 17,00, menggunakan analisis korelasional. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat kontribusi kesiapan belajar terhadap hasil belajar Gambar Bestek Bangunan Mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan FT UNP. Besar koefisien korelasi yang diperoleh adalah sebesar 0,423 pada taraf signifikan 0,05. Hasil perhitungan koefisien determinasi menunjukan sumbangan yang diberikan oleh kesiapan belajar sebesar 17,89% terhadap hasil belajar.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.
References
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Mulyani, Dessy. 2013. “Hubungan Kesiapan Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar”. Jurnal Ilmiah Konseling. Vol. 2. No. 1 Jan 2013. 27-30.
Media Project. (2013). (https://Projectmedias.Blogspot.Com. diakses 3 Juni 2017).
Putra, Kiki Eka. 2015. Kontribusi Kesiapan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Mata Pelajaran Gambar Bangunan Jurusan Teknik Bangunan SMK Negeri 5 Padang. Journal of CIVED. Vol. 3. No. 3. 722-728.
Fahmi, I. G. Rani, and P. Zola, “Kontribusi Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Ilmu Ukur Tanah Siswa Kelas X Jurusan Teknik Bangunan Smkn 5 Padang,” CIVED, vol. 5, no. 3, 2018.
A. P. Melinda, P. Zola, R. Abdullah, and R. Body, “Sosialisasi pekerjaan struktur rumah sederhana yang ramah gempa kepada buruh konstruksi di kecamatan matur kabupaten agam,” CIVED, vol. 5, no. 4, pp. 3–6, 2018.
Z. Annuar and P. Zola, “Pengaruh Pelaksanaan Pengalaman Lapangan Industri Terhadap Minat Memilih Profesi Guru Bagi Mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan,” Cived, vol. 6, no. 3, 2019.
S. Syahril, N. Jalinus, R. A. Nabawi, and Y. Arbi, “The Create Skills of Vocational Students to Design a Product: Comparison Project Based Learning Versus Cooperative Learning-Project Based Learning,” Adv. Soc. Sci. Educ. Humanit. Res., vol. 299, no. 5th UPI International Conference on Technical and Vocational Education and Training (ICTVET 2018) The, pp. 316–320, 2019.