SIMULASI DAN ANALISIS LALU LINTAS PENGARUH FLYOVER EXIT TOL PADALARANG – KOTA BARU PARAHYANGAN TERHADAP EFEKTIVITAS SIMPANG PADALARANG MENGGUNAKAN BIM AUTODESK INFRAWORKS

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Yusuf Afandi

Abstract

Padalarang merupakan pusat pemerintahan di wilayah Kabupaten Bandung Barat yang termasuk kawasan Metropolitan Bandung. Pembangunan flyover Exit Tol Padalarang – Kota Baru Parahyangan sebagai solusi permasalahan lalu lintas di area Simpang Padalarang menimbulkan keraguan bagi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh flyover Exit Tol Padalarang – Kota Baru Parahyangan terhadap efektivitas Simpang Padalarang dan Simpang Panaris dalam mengatasi kemacetan. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan metode MKJI 1997, teori antrian dan BIM Autodesk InfraWorks. Hasil analisis diketahui bahwa flyover Exit Tol Padalarang – Kota Baru Parahyangan mampu meingkatkan efektivitas Simpang Padalarang dari nilai tingkat pelayanan D pada kondisi eksisting menjadi A, sedangkan pengaruh infrastruktur tersebut terhadap Simpang Panaris tidak mengalami peningkatan efetivitas karena tetap terjadi kepadatan dengan nilai tingkat pelayanan D.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Afandi, Y. (2022). SIMULASI DAN ANALISIS LALU LINTAS PENGARUH FLYOVER EXIT TOL PADALARANG – KOTA BARU PARAHYANGAN TERHADAP EFEKTIVITAS SIMPANG PADALARANG MENGGUNAKAN BIM AUTODESK INFRAWORKS. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 3(3), 251-264. https://doi.org/10.24036/asce.v3i3.50283

References

Australian Goverment Productivity Commission. (2013). On Efficiency and Effectiveness : Some Definitions (Issue May, pp. 1–14). Staff Research Note.
Avramovic, S., & Johnsson, E. (2017). Evaluation of Autodesk InfraWorks 360 and PTV Vissim. Chalmers University Of Technology.
Castañeda, K., Sánchez, O., Herrera, R. F., Pellicer, E., & Porras, H. (2021). BIM-based traffic analysis and simulation at road intersection design. Automation in Construction, 131(October 2020). https://doi.org/10.1016/j.autcon.2021.103911
Pedoman Perencanaan Putaran Balik (U-Turn), 1 (2005).
Febriana, S., Hidayati, N., Slamet, G., & Setiyaningsih, I. (2019). Dampak Fly Over Manahan Terhadap Arus Lalu Lintas. Jurnal Litbang Sukowati : Media Penelitian Dan Pengembangan, 4(1), 37–45.
Herrera, E. (2020). Traffic Engineering : Early Merging Versus Zipper Merging Using Autodesk InfraWorks. Autodesk, Inc.
Ishak, B., Kadir, Y., & Patuti, I. M. (2019). Pengaruh U-Turn Di Ruas Jalan Prof. Dr. Hi. John A. Katili Dan Jalan Nani Wartabone Kota Gorontalo. Seminar Nasional Teknologi, Sains dan Humaniora 2019 (SemanTECH 2019), 171–175.
Jatmiko, E. (2017). Analisis Kinerja Pergerakan Kendaraan Putaran Balik ( U-Turn ) Ruas Jalan Pahlawan Di Kota Samarinda.
Kumalasari, D., & Tisnawati. (2018). Analisis Efektivitas Flyover Jatingaleh Berbasis Manajemen Transportasi Sebagai Solusi Kemacetan. PENA Vol. 32 No. 2 Edisi September 2018, 8.
Listiyani, R., Linawati, L., & Sasongko, L. R. (2019). Analisis Proses Produksi Menggunakan Teori Antrian Secara Analitik dan Simulasi. Jurnal Rekayasa Sistem Industri, 8(1), 9–18. https://doi.org/10.26593/jrsi.v8i1.3154.9-18
MKJI. (1997). Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Direktorat Jenderal Bina Marga. Departemen Pekerjaan Umum.
Mohajan, H. K. (2020). Quantitative Research: A Successful Investigation in Natural and Social Sciences. Journal of Economic Development, Environment and People, 9(4), 1–41.
NIBS Building Smart Alliance. (2007). United States National Building Information Modeling Standard. National BIM Standard. National Institute of Building Sciences.
Parks, A., Bailey, C., Ferguson, S., Clark, K., Rivera, J., Christy, R., Allison, J., & Fullerton, J. (2018). Colorado Department of Transportation 2018 Roadway Design Guide. Colorado Departmen of Transportation.
PP No. 34 Tahun 2006 Tentang Jalan, 1 (2006).
Prakosa, B. P. (2020). Identifikasi Flyover Manahan Menurut PUPR. SIAR (Seminar Ilmiah Arsitektur), 8686, 582–588.
Pratama, M. D. M., & Elkhasnet. (2019). Analisis Kinerja Simpang Tak Bersinyal Jalan A.H. Nasution dan Jalan Cikadut, Kota Bandung. (Hal. 116-123). RekaRacana: Jurnal Teknil Sipil, 5(2).
Risdiyanto. (2014). Rekayasa & Manajemen Lalu Lintas Teori dan Aplikasi. LeutikaPrio.
Salatoom, N., & Taneerananon, P. (2015). An Evaluation of Flyover-Improved Intersections: A Case Study of Airport Intersection. Journal of the Eastern Asia Society for Transportation Studies, 11(0), 2028–2040.
Setyawan, D. A. (2013). Data dan Metode Pengumpulan Data Penelitian. Metodologi Penelitian. Politeknik Kesehatan Surakarta.
Suryaningsih, O. F., Hermansyah, H., & Kurniati, E. (2020). Analisis Kinerja Simpang Bersinyal (Studi Kasus Jalan Hasanuddin-Jalan Kamboja, Sumbawa Besar). INERSIA: LNformasi Dan Ekspose Hasil Riset Teknik SIpil Dan Arsitektur, 16(1), 74–84.
Susilo, B. H. (2019). Rekayasa Lalu Lintas (III). Universitas Trisakti Jakarta.
Transportation Research Board. (2000). Highway Capacity Manual. National Research Council.