PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO TUTORIAL PADA MATA KULIAH IRIGASI DAN DRAINASE MENGGUNAKAN APLIKASI STROM WATER MANAGEMENT MODEL (SWMM) 5.1
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Permasalahan yang ada pada mata kuliah Irigasi dan Drainase adalah belum memadainya media pembelajaran saat proses belajar mengajar dan kurangnya pemanfaatan teknologi khususnya pada materi simulasi drainase menggunakan aplikasi Strom Water Management Model 5.1. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis video tutorial pada mata kuliah Irigasi dan Drainase. Penelitian ini menggunakan tahapan-tahapan Research and Development yang mengadaptasi model 4D. Instrumen yang digunakan berupa angket penilaian media pembelajaran untuk ahli media, ahli materi, dan mahasiswa. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi 1 memperoleh skor rata-rata 95% dikatakan “sangat valid”. Penilaian produk oleh ahli materi 2 memperoleh skor rata-rata 96% dikatakan “sangat valid”. Validasi oleh ahli media 1 mendapat skor rata-rata 89% dikatakan “sangat valid”, ahli media 2 mendapat skor rata-rata 90% dikatakan “sangat valid”. Berdasarkan penilaian praktikalitas oleh mahasiswa kelompok kecil memperoleh nilai rata-rata sebesar 92.75% dengan kategori “sangat praktis”, sedangkan kelompok besar memperoleh nilai rata-rata sebesar 90,89% dengan kategori “sangat praktis”. Berdasarkan hasil penilaian tersebut, media yang dihasilkan dinyatakan valid dan sangat praktis digunakan.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.
References
Andreas, Laras Oktavia, Gusmareta, Yuwalitas. 2019. “Pengembangan Media Pembelajaran Mata Kuliah Mekanika Tanah Dan Teknik Pondasi Berbasis Video Tutorial.” 5(4).
Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar (ed). 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Azhar, Arsyad. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafido Persada.
Baitullah, Al Amin M. 2020. Pemodelan Sistem Drainase Perkotaan Menggunakan SWMM. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Daryanto. 2016. Media Pembelajaran: Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Eldarni, Saan, Ida Murni, & J, Fetri Yeni. 2014. “Media Video.” UNP Press.
Fairizi, Dimitri. 2015. “Analisis Dan Evaluasi Saluran Drainase Pada Kawasan Perumnas Talang Kelapa Di Subdas Lambidaro Kota Palembang.”
Hamalik, Oemar (ed). 2012. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Juhana, E.A., Permana, S., & Farida, I. 2015. “Analisis Kebutuhan Air Irigasi Pada Daerah Irigasi Bangbayang UPTD SDAP Leles Dinas Sumber Daya Air Dan Pertambangan Kabupaten Garut.”
Krismanto, April Doni. 2016. “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO TUTORIAL GERAK DASAR TENIS LAPANGAN UNTUK ANAK TINGKAT SEKOLAH DASAR DI SEKOLAH TENIS KABUPATEN TEMANGGUNG.”
Kustandi, Cecep & Sutjipto, Bambang. 2011. Media Pembelajaran: Manual Dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.
Mulyatiningsih, Endang. 2014. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Muslih, Mifthakhul. 2020. “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MODUL BERBASIS VIDEO TUTORIAL PADA MATA PELAJARAN APLIKASI PERANGKAT LUNAK DAN PERENCANAAN INTERIOR GEDUNG KELAS XI TEKNIK KONSTRUKSI DAN PROPERTI SMKN 1 SUMATRA BARAT.” Universitas Negeri Padang.
Pramudito, Aria. 2013. “Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Pada Mata Pelajaran Kompetensi Kejuruan Standar Kompetensi Melakukan Pekerjaan Dengan Mesin Bubut Di SMK Muhammadiyah 1 Playen.” Universitas Negeri Yogyakarta.
Riduwan. 2009. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sosrodarsono, S. dan Takeda, K. 2003. Hidrologi Untuk Pengairan. Jakarta: PT. Pradnya Paramita.
Subagyo, P. Joko. 2006. Metode Penelitian: Dalam Teori Dan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudaryono. 2013. Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian & Pengembangan: Research and Development. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tigri, C. 2013. “Tinjauan Sistem Dinase Di Kelurahan Karame Kecamatan Singkil.” 1:7.