STUDI PEMANFAATAN JURNAL ELEKTRONIK DALAM PROSES PENULISAN SKRIPSI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN FT-UNP
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Salah satu syarat untuk menyelesaikan studi pada tingkat pendidikan Strata 1 adalah harus menyelesaikan tugas akhir atau skripsi. Untuk dapat menyelesaikan mata kuliah skripsi, mahasiswa memerlukan sumber rujukan yang relevan, baik sumber informasi tercetak maupun elektronik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemanfaatan jurnal elektronik dalam proses penulisan skripsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan FT-UNP. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan FT-UNP angkatan 2016 dan 2017 yang sedang mengerjakan skripsi. Teknik pengambilan sampel adalah total sampling, sehingga seluruh populasi sekaligus menjadi sampel penelitian, dengan jumlah 35 orang. Instrumen penelitian berupa angket yang disusun dengan menggunakan skala Likert, kemudian disebarkan kepada responden untuk mendapatkan data penelitian. Analisis data dilakuan dengan menggunakan rumus Derajat Pencapaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan jurnal elektronik ditinjau dari teknik penelusuran adalah 82,57% (sangat tinggi), ditinjau dari tempat melakukan pengaksesan jurnal elektronik adalah 75,88% (tinggi), ditinjau dari pemanfaatan jurnal elektronik adalah 77% (tinggi), ditinjau dari pemanfaatan koleksi jurnal elektronik adalah 73,90% (tinggi), ditinjau dari penggunaan jurnal elektronik untuk mencari artikel bahan skripsi adalah 86,86% (sangat tinggi), dan ditinjau dari membaca dan mengunduh materi dari jurnal elektronik adalah 71,57% (tinggi). Berdasarkan hasil analisis ini, dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan jurnal elektronik dalam proses penulisan skripsi mahasiswa Prodi PTB FT-UNP tergolong dalam kategori tinggi dengan derajat pencapaian (DP) sebesar 77,19%.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.
References
[2] Lasa, HS. (2009). Kamus Kepustakawanan Indonesia, Yogyakarta : Pustaka Book Publisher.
[3] Sudjana, Nana dan Ahmad Rifai. (2005). Media Pengajaran. Bandung. Sinar Baru.
[4] Tresnawan, Arief Dj. (2005). Perpustakaan: Pusat Sumber Belajar. Bandung: Universitas Islam Bandung.
[5] Siswadi, Irman. (2008). “Ketersediaan Online Journals di Perpustakaan Perguruan Tinggi”. Visi Pustaka. Vol. 10 No. 2.
[6] Lubis, S. (2011). Metodologi Penelitian Pendidikan. Padang: Sukabina Press
[7] Suharsimi Arikunto. (2010). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Tata Usaha Jurusan Teknik Sipil FT-UNP. (2021)
Andriaty, E. (2005). “Pemanfaatan Jurnal Elektronis dan Kemutakhiran Informasi yang Disitir dalam Publikasi Primer”. Jurnal Perpustakaan Pertanian. Vol. 14, No. 2.