FAKTOR-FAKTOR KENDALA PELAKSANAAN PRAKTIK LAPANGAN AKIBAT PEMBELAJARAN DARING FAKTOR FAKTOR KENDALA PPL AKIBAT PEMBELAJARAN DARING Section Articles

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Abimayu Handika Putra
Nurhasan Syah

Abstract

Pelaksanaan Praktik Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah wajib diikuti oleh mahasiswa calon guru pada Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang dalam memenuhi persyaratan pembentukan profesinya. Karena Indonesia salah satu negara terdampak pandemi covid-19, maka program PPL semester ganjil tahun akademik 2020 dilaksanakan secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan faktor-faktor kendala pada mahasiswa praktikan dalam PPL akibat pembelajaran daring serta solusinya. Analisis data dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan kuesioner melalui google form dan wawancara melalui whatsapp, serta didukung dengan dokumentasi. Kemudian data diolah menggunakan analisis data model Miles dan Huberman. Adapun hasil dari temuan penelitian ditemukan kendala yaitu: (1) perangkat atau media pembelajaran. (2) jaringan atau kouta. (3) terkait komunikasi (antara guru pamong atau pembimbing dengan mahasiswa yang PPL, guru/mahasiswa yang PPL dengan siswa,  dan dengan orang tua siswa. (4) kendala berakitan dengan faktor internal dari siswa itu sendiri, seperti kurang kedisiplinan, malas mengerjakan tugas, kurang kesadaran, keseriusan, motivasi dan keaktifan terhadap pembelajaran, kesulitan memahami materi/teori, mencontek, serta kelalaian. (5) keterbatasan ekonomi siswa. (6) tugas yang tidak sesuai bahan ajar. (7) kendala yang berkaitan dengan kesiapan dan kemampuan mahasiswa yang PPL itu sendiri, dan (8) kendala terkai keterbatasan waktu. Mengenai solusinya menyesuaikan dari masing-masing indikator.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Putra, A., & Syah, N. (2022). FAKTOR-FAKTOR KENDALA PELAKSANAAN PRAKTIK LAPANGAN AKIBAT PEMBELAJARAN DARING. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 3(4), 315-320. https://doi.org/10.24036/asce.v3i4.54883

References

Arikunto, S. (2010). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Kemendikbud. (2020). Surat edaran Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Pencegahan Corona Virus Disease (Covid-19). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Seriasih, N. K. (2020). Hambatan Dan Tantangan Pembelajaran Daring Selama Pandemi. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan.
Silaen, Sofar & Widiyono. (2013). Metodologi Penelitian Sosial Untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. Jakarta: IN MEDIA
Sugiyono. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: ALFABETA.
Suparno. (2020). Metode Penelitian. Depok: PT RAJAGRAFINDO PERSADA