PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL DENGAN APLIKASI ADOBE PREMIERE PRO PADA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Kenyataan bahwa media berupa buku belum membantu siswa dalam memahami materi pembelajaran mekanika teknik. Tujuan akhir dari penelitian ini adalah mengembangkan materi pembelajaran bidang Mekanika Teknik yang berbasis video tutorial yang dibuat dengan aplikasi Adobe Premiere Pro. Dalam penelitian ini, tahapan penelitian dan pengembangan diwakili oleh model 4D, yang terdiri dari empat tahap: pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan diseminasi hasil penelitian. Instrumen yang digunakan adalah angket penilaian terhadap individu yang memiliki keahlian dalam bidang media dan materi, serta siswa. Hasil evaluasi yang dilakukan oleh validator dan siswa, khususnya evaluasi yang dilakukan oleh ahli materi 1 dengan skor 83%, dianggap termasuk kategori sangat valid. Evaluasi yang dilakukan oleh ahli materi 2 memperoleh total 86% dan dikategorikan sangat valid. Evaluasi yang dilakukan oleh ahli materi 3 mencapai total 88 persen dengan kategori sangat valid. Selain itu, evaluasi yang dilakukan oleh ahli industri media 1 memperoleh 83% dengan kategori sangat valid. Evaluasi dari ahli media kelompok kedua sebesar 84%, dengan kategori sangat valid. Evaluasi dari kelompok ahli media ketiga memperoleh 86%, dengan kategori sangat valid. Sesuai dengan evaluasi yang dilakukan oleh ahli media dan ahli materi, evaluasi hasil uji praktikalitas yang dilakukan oleh siswa sebesar 83%, dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penilaian secara keseluruhan dapat ditarik kesimpulan media pembelajaran video tutorial yang dihasilkan pada mata pelajaran Mekanika Teknik dengan menggunakan aplikasi Adobe Premiere Pro sangat valid dan sangat praktis..
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.
References
[2] Syafei, M., & Silalahi, J. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik Kelas X Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan SMK Negeri 1 Pariaman. CIVED (Journal of Civil Engineering and Vocational Educatio).
[3] Silalahi , Juniman. 2017. Analisis Struktur Statis Tertentu STATIKA. UNP press Padang
[4] Miftah, M. (2013) Fungsi, dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal kwangsan
[5] Utomo, A. Y. & Ratnawati, D. (2018) Pengembangan Video Tutorial Dalam Pembelajaran Sitem Pengapian Di SMK. Jurnal taman Vokasi.
[6] Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta
[7] Thiagarajan, dkk. (1974). Instructional Development forTraining Teachers of Exceptional Children. Wahington DC: National Center For Improvment Educational Syste.
[8] Arikunto, Suharsi. (2013). ProsedurPendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
[9] Riduwan. (2009). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan, dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.