Media Pembelajaran Video Tutorial Pada Mata Kuliah Survey dan Pemetaan

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Hamlatut Taqi
Fahmi Rizal

Abstract

Abstrak - Penelitian ini tentang Media Pembelajaran Video Tutorial pada Mata Kuliah Survey dan Pemetaan. Permasalahan yang muncul pada Mata Kuliah ini adalah, banyaknya mahasiswa yang kurang mampu dan kurang mengerti dalam menuntaskan praktikum yang diberikan, diakibatkan oleh kekurang pahaman mahasiswa terkait materi yang diberikan. Sehingga berdampak terhadap nilai mahsiswa itu sendiri. Penelitan ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran berbasis video tutorial pada Materi Poligon Tertutup dalam bentuk unggahan video ke jejaring sosial YouTube. Penelitian pengembangan ini menggunakan tahapan-tahapan Research and Developmentyang mengadaptasi model 4D. Instrumen yang digunakan berupa penilaian media pembelajaran ahli materi, ahli media, dan mahasiswa, berdasarkan hasil validasi media pembelajaran berbasis video tutorial pernyataan media pembelajaran dikatergorikan valid dengan tingkat kevalidan oleh dosen ahli validator media 1 sebesar 3,38, validator 2 sebesar 3, 85 dan validator 3 sebesar 3,85, dengan masing-masing kategori sangat baik, kemudian kevalidan dari ahli materi validator 1 dengan skor 3,75, validator 2 dengan skor 3,83 dan validator 3 dengan skor 3,50, dimana masing-masing kategorinya adalah sangat baik. Penilaian dari 89 orang mahasiswa mendapat nilai rata-rata sebesar 3,55 dan masuk kedalam kategori sangat baik. Berdasarkan hasil pengiriman, media yang dihasilkan dinyatakan sangat baik

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Taqi, H., & Rizal, F. (2020). Media Pembelajaran Video Tutorial Pada Mata Kuliah Survey dan Pemetaan. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 1(4), 160-165. Retrieved from http://asce.ppj.unp.ac.id/index.php/ASCE/article/view/57

References

Andreas, Laras Oktavia dan Yuwalitas Gusmareta. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Mata Kuliah Mekanika Tanah dan Teknik Pondasi Berbasis Video Tutorial. Tesisi, Universitas Negeri padang.

Arikunto. Suharsimi. (1993). Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi. Jakarta / Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar (ed). (2009). Media Pembelajaran. Jakarta / Rajawali Pers.

Buku Pedoman Akademik Universitas Negeri Padang Tahun 2015/2016. Padang / UNP Press.(2015)

Daryanto. (2016). Media Pembelajaran: Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. rev.ed. Yogyakarta / Gava Media.
Eldarni, Saan, Ida Murni, & J, Fetri Yeni. (2014). Media Video. Padang / UNP Press.

Hamalik, Oemar (ed). (2012). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
_____________. (2006). Proses Belajar Mengajar. Bandung / Bumi Aksara.

Hartoyo, Agung. (2009). Efektifitas Pembelajaran Matematika Kontekstual Realistik Berbasis.Unsur Lokal Beracuan Kurikulum 2006 pada Penguasaan Standar Materi. .______. .________.
Ismail, Arif. (2008). Model-model Pembelajaran Mutakhir. Yogyakarta / Pustaka Pelajar.
Kustandi, Cecep & Sutjipto, Bambang. (2011). Media Pembelajaran: Manual dan Digital. Bogor / Ghalia Indonesia.


Krismanto, Dony April. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Gerak Dasar Tenis Lapangan untuk Anak Tingkat Sekolah Dasar di Sekolah Tenis Kabupaten Temanggung. Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta.

Kustandi, Cecep & Sutjipto, Bambang. (2011). Media Pembelajaran: Manual dan Digital. Bogor / Ghalia Indonesia.

Majid, Abdul. (2009). Perencanaan Pembelajaran. Bandung / PT Remaja Rosda karya.

Mardapi, Djemari. (2018). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. Yogyakarta / Parama Publishing.

Mulyatiningsih, Endang. (2014). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung / Alfabeta.

Iswadi, Muhammad. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Autocad Pada Mata Kuliah Gambar Teknik Di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Sriwijaya. Dipublikasi pada November 2015.

Oroh, Rolly R. (2011). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Modul Ajar. .______. .________.

Pramudito, Aria. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial pada Mata Pelajaran Kompetensi Kejuruan Standar Kompetensi Melakukan Pekerjaan dengan Mesin Bubut di SMK Muhammadiyah 1 Playen. Skripsi: Universitas Negeri Yogyakarta.

Subagyo, P. Joko. (2006). Metode Penelitian: Dalam Teori dan Praktik. Jakarta / Rineka Cipta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian & Pengembangan: Research and Development. Bandung / Alfabeta