PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO TUTORIAL PADA MATA KULIAH ANALISIS STUKTUR MENGGUNAKAN APLIKASI SAP2000 STUDENT VERSION Analisis Stuktur Menggunakan SAP2000 Student Section Articles
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini memiliki maksud tujuan untuk menghasilkan media pembelajaran video tutorial penggunaan aplikasi SAP2000 Student Version pada mata kuliah Analisis Sruktur dalam bentuk CD dan diakses ke internet. Adapun Penelitan dikaksanakan di Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Penelitian ini menggunakan pengembangan konsep 4D yaitu Research and Development melalui empat tahapan utama yaitu proses pendefinisian, proses perancangan, proses pengembangan, dan proses penyebaran. Instrumen yang digunakan adalah dari angket penilaian media pembelajaran untuk ahli media, ahli materi, dan mahasiswa. Berdasarkan penilaian produk pada video tutorial penggunaan aplikasi SAP2000 Student Version oleh ahli materi dikategorikan “sangat layak” dengan memperoleh skor 4.00. Penilaian oleh dosen ahli media dikategorikan “sangat layak” dengan perolehan 3.25. Kemudian penilaian oleh mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan dengan rata-rata 3.50 yang dikategorikan “sangat layak”. Berdasarkan hasil penilaian, media yang dihasilkan dinyatakan sangat baik untuk digunakan sebagai media pembelajaran.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.