KESIAPAN MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN FT-UNP SEBAGAI CALON GURU DI ABAD 21

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Nanang Ferdiansyah
Revian Body

Abstract

Abstrak: Penelitian ini tentang Kesiapan Mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan FT-UNP Sebagai Calon Guru di Abad 21. Latar belakang penelitian ini adalah adalah berdasarkan hasil angket dengan mahasiswa angkatan 2016 Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan FT-UNP yang telah melaksanakan PLK. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan kesiapan mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan FT-UNP sebagai calon guru di abad 21. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2016 Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan yang telah melaksanakan PLK berjumlah 78 mahasiswa, sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 44 mahasiswa yang sudah di analisis menggunakan rumus Yamane yang di ambil dari populasi. Data penelitian dikumpulkan melalui angket yang diberikan kepada mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan angkatan 2016 menggunakan skala likert. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan dapat disimpulkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Kesiapan Mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan FT-UNP Sebagai Calon Guru di Abad 21 tergolong baik, dengan hasil Derajat Pencapaian (DP) dari seluruh sub indikator sebesar 83,19%. Dengan demikian, Mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan FT-UNP memiliki kesiapan yang baik Sebagai Calon Guru di Abad 21.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Ferdiansyah, N., & Body, R. (2020). KESIAPAN MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN FT-UNP SEBAGAI CALON GURU DI ABAD 21. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 1(4), 166-171. Retrieved from http://asce.ppj.unp.ac.id/index.php/ASCE/article/view/58

References

Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. 2017. Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.
Alismail, Halah Ahmed dan McGuire, Dr. Patrick. 2015. 21st Century Standards and Curriculum: Current Research and Practice. Journal of Education and Practice. 6(6), 150-154.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Dalyono. 1997. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Darling, Linda., H. 2006. Constructing 21st century teacher education. Journal of teacher education, 57. 300-314.
Daryanto dan Syaiful Karim. 2017. Pembelajaran Abad 21 . Yogyakarta: Gava Media.
Dharma, Surya. 2013. Tantangan Guru SMK Abad 21. Direktorat Pembinaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Menengah Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Jalaluddin dan Abdullah Idi. 2016. Filsafat Pendidikan. Jogjakarta: Ar- Ruzz Meda.
Januszewski A. and Molenda M. 2008. Educational Technology A Definition with Commentary. Lawrence Associates Taylor & Francis Group 270 Madison Avenue Newyork, NY 10016.
Murti, K. E. 2015. Pendidikan Abad 21 dan Aplikasinya Dalam Pembelajaran di SMK. Artikel Jurnal Kurikulum 2013 SMK, 1. 1–23.
Payong, Marselus R. 2011. Setifikasi Profesi Guru: Konsep Dasar, Problematika, dan Implementasinya. Jakarta: PT Indeks.
Riduwan & K. A. Engkos (2012). Cara Menggunakan dan Memakai Path Analysis (analisi jalur). Bandung: Alfabeta.
Sahin, M. C. 2009. Instructional design principles for 21st century learning skills. Procedia - Social and Behavioral Sciences Journal, 1(1), 1464–1468.
Sugiyono (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. 2013. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Suryosubroto. 2010. Bebebrapa Aspek Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. 2016. Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan. Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era Global, Jurnal Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1(26), 263–278.
Https://www.academia.edu/24573916/pilar pilar_pendidikan, Diakses pada tanggal 13 April 2020, Pukul: 01:32 WIB.
Tilaar. 2012. Paradigma Pendidikan Indonesia Abad 21. (Tersedia) : http://teoribagus.com/paradigma-pendidikan-indonesia-abad-21, Diakses pada tanggal 01 April 2020, Pukul: 21:57 WIB.