EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR GAMBAR TEKNIK SISWA KELAS X JURUSAN TEKNIK KONSTRUKSI DAN PROPERTI SMK NEGERI 2 SOLOK

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Gemawan Fauzi Riska
Yuwalitas Gusmareta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas e-learning terhadap hasil belajar desain teknik siswa kelas X Jurusan Arsitektur dan Teknik Sipil SMK Negeri 2 Solok. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif untuk mahasiswa teknik sipil dan real estate 72 derajat X-SMKN-2-Solok yang mengambil jurusan teknik gambar. Menurut Sugiyono (2017:


119-121), sampel adalah bagian dari ukuran dan karakteristik populasi. Teknik pengambilan sampel penelitian ini adalah full sample yaitu. H. jumlah sampel sebanyak 72 siswa, terdiri dari 30 sampel uji dan 42 sampel penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket (angket), yaitu angket tertutup. Survei data dikumpulkan secara online atau tidak langsung. Formula yang digunakan dalam analisis data adalah formula degree of performance (DP) yang dikemukakan oleh Lubis (2011:2011).


87). Hasil penelitian menunjukkan (1) Pemahaman pembelajaran online perolehan hasil pengolahan data berada pada kategori sesuai dengan skor evaluasi indikator sebesar 76%. (2) Keunggulan pembelajaran berani adalah hasil pengolahan data yang dicapai dengan indikator rating 83% dalam kategori baik. (3) Hambatan pembelajaran online diperkirakan 74% dalam kategori sesuai pengolahan data. (4) Soal-soal yang mempengaruhi hasil belajar Rancangan Teknik memiliki hasil pengolahan data yang dicapai dengan poin penilaian indikator sebesar 72% dalam kategori cukup. (5) Diagnosis kesulitan belajar gambar teknik mendapat skor klasifikasi 76% dalam kategori sesuai data pengolahan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Riska, G., & Gusmareta, Y. (2022). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR GAMBAR TEKNIK SISWA KELAS X JURUSAN TEKNIK KONSTRUKSI DAN PROPERTI SMK NEGERI 2 SOLOK. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 3(4), 381-385. https://doi.org/10.24036/asce.v3i4.58383

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.
Widoyoko Eko Putro. 2015. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Fauzi, M, Farah, I, &Leny, H. (2018). Pelatihan Pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Berdasarkan Kurikulum 2013. Abdimas Dewantara, 1(1), 11-22.
Syahron, Lubis. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan. Padang: Sukabina.