PEMBUATAN MODUL DIGITAL PADA MATA KULIAH APLIKASI KONSTRUKSI BATU DI DEPARTEMEN TEKNIK SIPIL UNIVERSITAS NEGERI PADANG

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Restia Rahmadhani IB
Laras Oktavia Andreas

Abstract

Abstrak: Masalah yang ada pada mata kuliah aplikasi konstruksi batu adalah belum adanya modul digital yang digunakan pada mata kuliah aplikasi konstruksi batu sebagai penunjang pembelajaran hanya berupa modul cetak dan materi pada modul cetak masih berdasarkan SNI lama. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul digital pada mata kuliah aplikasi konstruksi batu yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini menggunakan metode Reseach and Development yang mengadaptasi model ADDIE. Instrumen yang digunakan berupa angket penilaian media pembelajaran untuk ahli media, ahli materi, dan mahasiswa serta tes tertulis untuk mahasiswa. Berdasarkan penilaian produk terhadap modul  digital pada mata kuliah aplikasi konstruksi batu oleh ahli  media dari semua aspek memperoleh penilaian sebesar 95% dengan kriteria valid, sedangkan penilaian oleh ahli materi dari semua aspek memperoleh penilaian sebesar 93 % dengan kriteria valid. Penilaian pada tahapan uji coba ke lapangan untuk melihat tingkat kepraktisan dengan 16 mahasiswa sebagai responden memperoleh nilai rata-rata 87,17% dikategorikan sangat praktis. Berdasarkan hasil penilaian, maka media yang dihasilkan dinyatakan layak dan praktis digunakan sebagai media pembelajaran pada mata kuliah aplikasi konstruksi batu.


 


Kata Kunci: Media pembelajaran, validitas, praktikalitas, aplikasi konstruksi batu


Abstract : The problem that exists in the stone construction application course is that there is no digital module used in the stone construction application course as a learning support only in the form of print modules and the material in the print module is still based on the old SNI. This research aims to develop digital modules in stone construction application courses that are valid, practical and effective. This research uses the Reseach and Development method which adapts the ADDIE model. The instruments used are in the form of learning media assessment questionnaires for media experts, material experts, and students as well as written tests for students. Based on the product assessment of digital modules in the stone construction application course by media experts from all aspects obtained an assessment of 95% with valid criteria, while the assessment by material experts from all aspects obtained an assessment of 93% with valid criteria . The assessment at the trial stage to the field to see the level of practicality with 16 students as respondents obtained an average score of 87.17% categorized as very practical  Based on the results of the assessment, the resulting media is declared feasible and practical to be used as a learning medium in the stone construction application course.


 

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
IB, R., & Andreas, L. (2023). PEMBUATAN MODUL DIGITAL PADA MATA KULIAH APLIKASI KONSTRUKSI BATU DI DEPARTEMEN TEKNIK SIPIL UNIVERSITAS NEGERI PADANG. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 4(1), 11-14. https://doi.org/10.24036/asce.v4i1.59083

References

Andreas, L. O., & Gusmareta, Y. (2019). Pengembangan media pembelajaran mata kuliah mekanika tanah dan teknik pondasi berbasis video tutorial. CIVED, 5(4).
Muhibbin Syah. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Mulyasa. (2010). Menjadi Guru Profesional (Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan). Bandung Rosda. Cetakan Kesembilan.
Nugraha, A, Subarkah, dan Sari. (2015). Penggunaan E-Module Pembelajaran Pada Konsep Sifat Koligatif Larutan Untuk Mengembangkan Literasi Kimia Siswa. Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pengembangan Sains, 201-204.
Sadiman, Arief S, dkk. (2002). Media Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Syaiful Bahri Djamarah, Aswan Zain. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Lembaran Negara RI Tahun 2012 Nomor 12.