ANALISIS KINERJA SIMPANG BERSINYAL MENGGUNAKAN SOFTWARE VISSIM DAN PKJI 2014 (STUDI KASUS : SIMPANG KANDIS)

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Rifqi Firlian Pratama
Faisal Ashar

Abstract

Permasalahan kemacetan merupakan permasalahan transportasi yang kerap kita temui setiap hari di Indonesia. Salah satu persimpangan di Kota Padang yang mengalami permasalahan kemacetan yaitu Simpang Kandis. Hal ini dikarenakan Simpang Kandis (atau yang lebih dikenal dengan Simpang Tinju) berada di wilayah dengan volume kendaraan dan volume lalu lintas yang lumayan padat karena berada pada wilayah sekolah tingkat dasar hingga perguruan tinggi, perumahan, pusat perkantoran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja Simpang Kandis  menggunakan Software Vissim dan PKJI 2014. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan metode survei dengan melakukan peninjauan langsung kondisi lokasi penelitian. Penelitian ini dilakukan selama sepekan pada hari Senin, Kamis, dan Sabtu tanggal 24,27, dan 29 Oktober 2022. Analisa data berupa perhitungan nilai kapasitas, derajat kejenuhan, panjang antrian, dan tundaan. Berdasarkan hasil survey arus lalu lintas, didapatkan arus puncak yaitu pada hari Senin tanggal 24 Oktober 2022 pukul 06:30 s/d 07:30 dengan total kendaraan 4062 kend/jam. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan nilai derajat kejenuhan tertinggi terdapat pada pendekat utara sebesar 0,78, kapasitas tertinggi terdapat pada pendekat barat sebesar 2479.54 skr/jam, panjang antrian terpanjang yaitu terdapat pada pendekat utara dengan panjang 149,95 meter dengan metode PKJI 2014 dan 139,51 meter dengan simulasi software VISSIM,  dan tundaan terbesar yaitu terdapat pada pendekat utara sebesar 207,25 detik/skr dengan simulasi software VISSIM dan pada pendekat barat sebesar 3208 detik/skr dengan metode PKJI 2014.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Pratama, R., & Ashar, F. (2023). ANALISIS KINERJA SIMPANG BERSINYAL MENGGUNAKAN SOFTWARE VISSIM DAN PKJI 2014 (STUDI KASUS : SIMPANG KANDIS). Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 4(1), 20-25. https://doi.org/10.24036/asce.v4i1.59283