ANALISIS PENGARUH ON STREET PARKING TERHADAP KINERJA RUAS JALAN PADA OBJEK WISATA (Studi Kasus: Jalan Panorama, Taman Panorama Dan Lubang Jepang, Kota Bukittinggi)
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Abstrak: Parkir di badan jalan (on street parking) merupakan salah satu fenomena yang mempengaruhi pergerakan kendaraan ketika kendaraan berada dalam keadaan intensitas tinggi dan menyebabkan kemacetan lalu lintas. Salah satu tempat yang dapat ditemui aktivitas on street parking Kota Bukittinggi adalah Taman Panorama dan Lubang Jepang yang terletak di Jalan Panorama. Aktivitas on street parking terjadi karena kawasan TPLJ tidak memiliki lahan untuk parkir yang mengakibatkan pengguna jalan lain yang tidak menggunakan fasilitas parkir juga merasakan efek negatif seperti waktu tempuh yang semakin lama. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh on street parking terhadap kinerja ruas jalan di Jalan Panorama dengan menggunakan PKJI 2014. Hasil penelitian di Jalan Panorama menunjukkan bahwa kapasitas jalan tersebut adalah 1286,21 skr/jam dengan derajat kejenuhan terburuk pada hari Sabtu dengan nilai 0,80 dan berada pada level D. Usulan untuk memperbaiki kinerja ruas jalan di Jalan Panorama, maka dibutuhkan beberapa alternatif diantaranya meniadakan on street parking, menjadikan Jalan Panorama satu arah menuju arah Simpang DPRD, dan melakukan pelebaran Jalan Panorama dari 7 m menjadi 9 m. Usulan atas alternatif tersebut dapat meningkatkan kapasitas jalan menjadi 2531,7 skr/jam dengan nilai derajat kejenuhannya 0,36 dan berada pada level B.
Kata Kunci : Kinerja Ruas Jalan, Parkir di Badan Jalan, Tingkat Pelayanan Jalan
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.
References
Hobbs, F. D.. (1995). Perencanaan Dan Teknik Lalu Lintas Edisi kedua. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Kurniawan, R. & Yuniarto, B.. (2016). ANALISIS REGRESI: Dasar dan Penerapannya dengan R. Jakarta: Kencana
Tamin, Ofyar Z., (2003). Perencanaan dan Pemodelan Transportasi: Contoh Soal dan Aplikasi. Penerbit ITB: Bandung.
Risdiyanto. (2014). Rekayasa dan Manajemen Lalu Lintas: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: PT. Leutika Nouvalitera.
Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar metodologi penelitian. Sleman: Literasi Media Publishing.
Yurita, F. Y. F., Ibrahim, B. I. B., & Bunari, B.. (2014). Sejarah Lubang Japang Sebagai Tempat Perlindungan dari Sekutu di Bukittinggi Tahun 1942-1945. Doctoral dissertation. Universitas Riau.