PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MODUL BERBASIS VIDEO TUTORIAL PADA MATA PELAJARAN APLIKASI PERANGKAT LUNAK DAN PERENCANAAN INTERIOR GEDUNG KELAS XI TEKNIK KONSTRUKSI DAN PROPERTI SMKN 1 SUMATERA BARAT

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Mifthakhul Muslih
Revian Body

Abstract

Penelitian ini diangkat berdasarkan latar belakang adanya siswa yang masih mendapatkan nilai rendah pada mata pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak dan Perencanaan Interior Gedung menggunakan aplikasi AutoCAD, serta masih banyak keterbatasan pada saat proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan media pembelajaran berbasis video tutorial serta menghasilkan produk media pembelajaran berbasis video tutorial pada mata pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak dan Perencanaan Interior Gedung yang valid dan praktis untuk digunakan sebagai media belajar. Penelitian pengembangan ini menggunakan tahapan-tahapan Research and Development yang mengadaptasi model 4D yang merupakan singkatan dari Define, Design, Development, and Dissemination. Instrumen yang digunakan berupa angket validasi media pembelajaran untuk ahli materi dan media, serta angket praktikalitas media pembelajaran untuk guru dan siswa. Hasil validasi media pembelajaran berbasis video tutorial menunjukan bahwa media pembelajaran dapat dikategorikan valid dengan tingkat kevalidan oleh Validator 1 sebesar 3,78 dan Validator 2 sebesar 3,86 dengan kategori sangat valid; praktikalitas media berdasarkan penilaian praktikalitas oleh Guru 1 sebesar 3,71 dan Guru 2 sebesar 3,64 dengan kategori sangat praktis; dan hasil penilaian  praktikalitas oleh siswa sebesar 3,23 dengan kategori sangat praktis. Dengan demikian media yang dihasilkan dapat dinyatakan sangat baik dan praktis.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Muslih, M., & Body, R. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MODUL BERBASIS VIDEO TUTORIAL PADA MATA PELAJARAN APLIKASI PERANGKAT LUNAK DAN PERENCANAAN INTERIOR GEDUNG KELAS XI TEKNIK KONSTRUKSI DAN PROPERTI SMKN 1 SUMATERA BARAT. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 1(1), 15-23. Retrieved from http://asce.ppj.unp.ac.id/index.php/ASCE/article/view/6

References

Fadhil Fakhri. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Animasi pada Mata Kuliah Gambar Teknik Jurusan Teknik Sipil Universitas Negeri Padang. CIVED ISSN: 2622 – 6774 (Vol. 5., No. 4).
Arsyad, Azhar (ed). 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Kustandi, Cecep & Sutjipto, Bambang. 2011. Media Pembelajaran: Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.
Mochammad Hermansyah. 2018. Pembuatan Media Video Tutorial untuk Perhitungan Perencanaan Jalan Baru pada Mata Kuliah KPJR di Jurusan Teknik Sipil FT-UNP. CIVED ISSN: 2302 -3341 (Vol. 5., No. 2).
Hamalik, Oemar (ed). 2012. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Laras Oktavia Andreas dan Yuwalitas Gusmareta. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Mata Kuliah Mekanika Tanah dan Teknik Pondasi Berbasis Video Tutorial. CIVED ISSN: 2622 – 6744 (Vol. 5., No.4).
Eldarni, Saan, Ida Murni, & J, Fetri Yeni. 2018. Media Video. Padang: UNP Press.
Daryanto. 2016. Media Pembelajaran: Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. rev.ed. Yogyakarta: Gava Media.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian & Pengembangan: Research and Development. Bandung: Alfabeta.
Mardapi, Djemari. 2018. Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. Yogyakarta: Parama Publishing.
Fahmi, I. G. Rani, and P. Zola, “Kontribusi Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Ilmu Ukur Tanah Siswa Kelas X Jurusan Teknik Bangunan Smkn 5 Padang,” CIVED, vol. 5, no. 3, 2018.
A. P. Melinda, P. Zola, R. Abdullah, and R. Body, “Sosialisasi pekerjaan struktur rumah sederhana yang ramah gempa kepada buruh konstruksi di kecamatan matur kabupaten agam,” CIVED, vol. 5, no. 4, pp. 3–6, 2018.
Z. Annuar and P. Zola, “Pengaruh Pelaksanaan Pengalaman Lapangan Industri Terhadap Minat Memilih Profesi Guru Bagi Mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan,” Cived, vol. 6, no. 3, 2019.
S. Syahril, N. Jalinus, R. A. Nabawi, and Y. Arbi, “The Create Skills of Vocational Students to Design a Product: Comparison Project Based Learning Versus Cooperative Learning-Project Based Learning,” Adv. Soc. Sci. Educ. Humanit. Res., vol. 299, no. 5th UPI International Conference on Technical and Vocational Education and Training (ICTVET 2018) The, pp. 316–320, 2019.
N. Jalinus, Syahril, R. Azis and Y. Arbi, "How Project-Based Learning and Direct Teaching Models Affect Teamwork and Welding Skills Among Students," International Journal of Innovation, Creativity and Change, vol. 11, no. 11, pp. 85-111, 2020.