PEMANFAATAN APLIKASI DISCORD SEBAGAI ALTERNATIF MEDIA PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI DI PRODI PTB FT UNP
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2020 ini mengatur tentang Pelaksanaan kebijakan pendidikan selama masa pengecualian penyebaran virus corona. Salah satu aplikasi yang bisa digunakan sebagai sarana pembelajaran di masa pandemi yaitu Discord. Meski begitu aplikasi discord mungkin cukup asing untuk digunakan. Dengan adanya penelitian ini bertujuan mengetahui pemanfaatan aplikasi discord yang digunakan dalam proses pembelajaran daring. Penelitian ini dilaksanakan dengan melakukan penyebaran kuesioner secara online. Penelitian dilakukan pada mahasiswa program studi pendidikan teknik bangunan angkatan 2019. Sampel penelitian diambil sebanyak 59 orang. Hasil penelitian menjelaskan bahwa aplikasi discord cukup dikenal dikalangan mahasiswa program studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik UNP. Aplikasi discord ini cukup mampu menjadi salah satu media pembelajaran daring alternatif dari sekian banyaknya pilihan media pembelajaran daring yang lebih umum digunakan. Penilaian ini dapat dilihat dari hasil derajat pencapaian dengan skor 69,25% yang termasuk dalam kategori sedang. Aplikasi discord dapat dikatakan bermanfaat jika digunakan dengan menyesuaikan pembelajaran yang diinginkan dan hasil pencapaian yang diinginkan dalam proses pembelajaran tersebut.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.
References
[2] Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
[3] Azhar Arsyad. (2004). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
[4] Dewantara, J.A., Eriani, & Efendi. (2020). Pemanfaatan aplikasi discord sebagai media pembelajaran online. Jurnal teknoligi informasi dan Pendidikan, 13(1), 61-65.
[5] Firdaus, Adzan Salman. (2020). Mengenal discord aplikasi online para gamer.
[6] Asep Komarudin Ramdani, Zaenal Arifin, N. Fathurrohman (2021), yang berjudul “Pemanfaatan Aplikasi Zoom Sebagai Media Pembelajaran PAI Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMPN 1 Karawang Barat
[7] Like Alfando Argadia (2021), yang berjudul “Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp Sebagai Media Pembelajaran Daring di masa Pandemi Covid-19 dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (studi kasus di Madrasah Islamiyah MA’ARIF NGRUPIT)
[8] Ahmad Fauzi (2021), yang berjudul “Pemanfaatan Aplikasi Discord Sebagai Solusi Media Pembelajaran Jarak Jauh di masa Pandemi”
[9] Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
[10] Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia
[11] Riduwan. 2013. Belajar Mudah Penelitian. Bandung: Alfabeta.