PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN APLPIG KELAS XII SMK NEGERI 1 SUMATERA BARAT

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Messy Yusditia Utami
Azwar Inra

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan Interior Gedung kelas XII di SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian korelasional dengan metode penelitian kuantitatif. Teknik Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode penyebaran angket. Sedangkan sampel dalam penelitian ini diambil dari semua populasi yaitu siswa kelas XII Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan dan Bisnis Konstruksi dan Properti di SMK Negeri 1 Sumatera Barat dengan jumlah siswa 53. Hasil penelitian yang dilakukan dari uji korelasi diketahui jika untuk kebiasaan (X) dan hasil belajar (Y) adalah sebesar 0,445 ≥ 0,271, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi antara kebiasaan (X) dan hasil belajar (Y) dan kriteria kekuatan hubungannya sedang. Sedangkan dari hasil analisis uji t, diketahui jika (3,549) ≥ dari pada (1,674) dengan taraf signifikan 0,05 maka dengan demikian Ho ditolak. Kemudian dari pengujian koefisien determinasi dapat dilihat bahwa hasilnya adalah 0,445 atau sama dengan 19,8% yang ditunjukkan oleh R square (angka korelasi yang dikuadratkan), artinya bahwa pengaruh dari X (Kebiasaan Belajar) terhadap Y (Hasil Belajar) yaitu 19,8% sedangkan 80,2% dipengaruhi oleh faktor lain sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh yang lemah antara kebiasaan belajar terhadap hasil belajar siswa.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Utami, M., & Inra, A. (2023). PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN APLPIG KELAS XII SMK NEGERI 1 SUMATERA BARAT. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 4(1), 59-62. https://doi.org/10.24036/asce.v4i1.60283

References

Anis, Yenni. (2018). “Hubungan Kebiasaan Belajar Efektif Dengan Prestasi Belajar Siswa”. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 15(2), 101-120.
Ariwarseso, Galih. (2012). “Minat dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pataiangrowo Nganjuk”. Skripsi. Universitas Negeri Subaya.

Djaali. (2015). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamalik, Oemar. (2005). Prosedur Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamalik, Oemar. (2009). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Nrimaningsih, Lusia. (2014). “Hubungan Kebiasaan Belajar, Motivasi Belajar, Dengan Indeks Prestasi Komulatif (IPK)”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma.
Rahayu, M. M. (2015). Pengaruh Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Journal of Elementary Education, 4(1), 39-45.
Rifa’i, Achmad dan Anni, Chatarina Tri. (2011). Psikologi Pendidikan. Semarang : UPT MKK Unnes.
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.