EFEKTIVITAS PENGGUNAAN GOOGLE FORM SEBAGAI ALAT EVALUASI PEMBELAJARAN JURUSAN DESAIN PEMODELAN INFORMASI BANGUNAN (DPIB) SMKN DI KOTA PADANG
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Penggunaan Google Form Sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran Jurusan Desain Pemodelan Informasi Bangunan (DPIB) SMKN 1 Di Kota Padang. Penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif merupakan metode penelitian. Populasi pada penelitian ini adalah guru Jurusan Desain Pemodelan Informasi Bangunan (DPIB) yang sudah pernah menggunakan Google Form sebagai alat evaluasi pembelajaran sebanyak 28 guru. Penelitian ini memilih 28 guru dari seluruh data populasi sebagai sampel.. Menggunakan skala Likert sebagai skala pengukuran penelitian, kuesioner dibagikan kepada guru sampel untuk mengumpulkan data penelitian. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian menunjukkan efektivitas penggunaan Google Form sebagai alat evaluasi pembelajaran Jurusan Desain Pemodelan Informasi Bangunan (DPIB) SMKN 1 di kota Padang adalah sebesar 84.58%, kategori efektif. Maka dapat dikatakan bahwa Google Form sebagai alat evaluasi pembelajaran memiliki keefektifan yang tergolong efektif untuk dilaksanakan
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.
References
Arifin, Zainal. (2012). Evaluasi Pembelajaran: Prinsip, Teknik, dan Prosedur. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Azwar, S. (2012). Reliabilitas dan Validitas. Edisi 4. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mahmudi. (2005). Manajemen Kinerja Sektor Publik, Edisi I. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.
Riduwan. (2004). Belajar Mudah Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.
Sesana, I. P. (2020). Efektifitas Penggunaan Aplikasi Google Form Dalam Pelaksanaan PAT Berbasis Online Di SMKN 1 Tembuku: Effectiveness Of The Use Of Google Form Applications In The Implementation Of PAT Based Online At SMKN 1 Tembuku. Widyadewata, 3, 1-11.
Sudjana, Nana. (2011). Penelitian Hasil dan Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda Karya.
Universitas Negeri Padang, 2015. Buku Pedoman Akademik FT UNP. Padang: Universitas Negeri Padang.