PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO PADA KOMPETENSI DASAR MENERAPKAN PROSEDUR PEMBUATAN GAMBAR DETAIL FONDASI DAN SLOOF
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini sesuai latar belakang belum adanya media penunjang di mata pelajaran Konstruksi dan Utilitas Gedung khususnya Kompetensi Dasar menerapkan prosedur pembuatan gambar detail fondasi dan sloof. Penelitian bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran berbasis video yang valid serta praktis untuk dijadikan menjadi media pembelajaran pada mata pelajaran Konstruksi serta Utilitas Gedung. Penelitian ini menggunakan metode Reseach and Development (R&D) menggunakan model pengembangan Four-D (4D). Adapun tahap pengembangan 4D yaitu, 1) Define, dua) Design, tiga) Development dan 4) Disseminate. Instrumen yang digunakan di penelitian ini berupa angket validasi media dan materi untuk ahli produk serta angket praktikalitas buat peserta didik. hasil validasi media pembelajaran oleh para pakar produk didapatkan, untuk ahli produk 1 sebesar 93,42%, pakar produk 2 sebesar 89.57% dan alhi produk tiga sebesar 94% dengan rata-rata keselurahan 94% dengan kategori sangat valid dan layak dipergunakan. Praktikalitas media pembelajaran berbasis video sesuai evaluasi siswa 82,5% dengan kategori sangat praktis. dengan demikian produk yang dihasilkan dapat digunakan menjadi media penunjang pembelajaran.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.