PEMBUATAN JOBSHEET MATA PELAJARAN KONSTRUKSI JALAN DAN JEMBATAN KELAS XII DPIB SMK NEGERI 1 TILATANG KAMANG
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Latar belakang dilaksanakannya penelitian ini adalah karena media yang digunakan pada pembelajaran Kontruksi Jalan dan Jembatan di SMK Negeri Tilatang Kamang kurang memadai. Maka dengan adanya penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah alat bantu atau media pembelajaran yang praktis dan valid yakni berupa Jobsheet. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D (Four-D) yang merupakan salah satu jenis model dalam penelitian R&D atau Research and Development. Pengembangan media 4D dilakukan melalui beberapa tahap antara lain, Define, Design, Development, dan Disseminate. Subyek pada penelitian ini adalah siswa kelas XII DPIB SMK Negeri 1 Tilatang Kamang. Sampel penelitian diambil sebanyak 17 orang siswa yang sedang belajar mata pelajaran Konstruksi Jalan dan Jembatan. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa media pembelajaran Jobsheet memiliki tingkat validitas yang sangat tinggi, hal ini berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh ahli media dan ahli data. Selain itu, berdasarkan penilaian siswa kelas XII DPIB tingkat praktikalitas dari media pembelajaran Jobsheet termasuk pada kategori sangat praktis dan dapat menunjang terwujudnya pembelajaran yang lebih baik dan efektif khususnya dalam materi Kontruksi Jalan dan Jembatan.
Kata Kunci : Research and Development (R&D), 4-D (four-D), Konstruksi Jalan dan Jembatan, Media Pembelajaran, Jobsheet
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.
References
Andi Prastowo. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Anggani Sudono. (2004). Fungsi Sumber Belajar. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Arief S. Sadiman. (2014). Fungsi dan Manfaat Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Arikunto. (2012). Teknik-teknik dalam Menentukan Sampel Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Azhar Arsyad. (2006). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Grafindo Persada.
Azhar Arsyad. (2014). Media Pembelajaran. Rev.ed. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Chomsin S. Widodo dan Jasmadi. (2008). Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: PT. Alex Media Komputindo.
Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.
Ihsanul Hakim & Faisal Ashar. (2020). “Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Web Tools pada Mata Kuliah Kuantiti Surveying”. Jurnal Applied Science In Civil Engineering. Hlm. 69-75.
Mulyasa. (2006). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nana Sudjana (2007). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Sinar Baru Algesindo.
Nusa Putra. (2015). Reserch & Development: Penelitian dan Pengembangan Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers.
Oemar Hamalik. (2004). Kurikulum & Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Ratna Tri Widyastuti. (2015). “Pengembangan Jobsheet Pratikum Sitem Pengapian untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI”. Jurnal Pendidikan. Hlm. 9-16.
Rusman. (2009). Manajemen Kurikulum. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Shinta Nadia, (2023). Pembuatan Slide Presentasi Berbasis Canva Pada Mata Pelajaran Konstruksi Jalan dan Jembatan di SMK Negeri 4 Pariaman. Journal of Civil Engineering and Vocational Education. Hal 36-50.
Sudarwan Danim. (2010). Media Komunikasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabert.
Suryanti Aswad. (2017). “Peningkatan Hasil Belajar Pembuatan Pola Dasar Celana Wanita Menggunakan Metode CIRC Berbantuan Jobsheet dan Powerpoint di SMK II Piri Yogyakarta”. Jurnal Pendidikan. Hlm. 1-8.
Trianto. (2006). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progrsif. Jakarta: Kencana.
Widarto. (2016). Panduan Penyusunan Jobsheet Mapel Produktif Pada SMK (online).
Wina Sanjaya. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Yuan Rido Anggarta. (2016). “Pengembangan Jobsheet sebagai Sumber belajar Praktik Teknik Pengukuran Kelas X Teknik Permesinan di SMK Muhammadiyah 1 Salam”. Jurnal Pendidikan. Hlm. 1-69.