PERBANDINGAN PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN E-LEARNING PADA MATA KULIAH TEORI DAN PRAKTEK PADA JURUSAN TEKNIK SIPIL DAN BANGUNAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI PADANG
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan unuk mengetahui seberapa efektifkah metode pembelajaran e-learning pada mata kuliah teori dibandingkan dengan mata kuliah praktek di Jurusan Teknik Sipil, Universitas Negeri Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan yang menggunakan e-Learning pada proses perkuliahan, yaitu berjumlah 62 orang. Sampel pada penelitian ini adalah keseluruhan dari populasi yaitu sebanyak 62 orang. Data kemudian dianalisis secara statistik dengan bantuan software aplikasi menggunakan rumus derajat pencapaian (DP). Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan e-Learning untuk Mata Kuliah Teori pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan tergolong Cukup sebesar 73,94%. Sementara itu, Pembelajaran Menggunakan e-Learning untuk Mata Kuliah Praktek pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan tergolong Kurang sebesar 68,79%.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.
References
Hanum, Faridah. (2015). Kontribusi Minat Belajar dan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Voteknika. Vol.3 No.1 Januari-Juni 2015, Hal 77-88.
Kusmana, Ade. (2011). E-Learning Dalam Pembelajaran. Lentera Pendidikan. Vol.14 No.1 Juni 2011, Hal 35-51.
Liyandari, Givva Putri. (2017). Persepsi Dosen Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang (UNP) terhadap Penggunaan E-Learning pada Proses Perkuliahan di Fakultas Teknik UNP. Skripsi. Fakultas Teknik UNP.
Noriza Ramadhini, Hestia. (2013). Perbandingan Hasil Belajar PKN Siswa Kelas VII Yang Menerapkan Strategi Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) Dengan Tipe Jigsaw. Vol.2 No.2.
Panduan E-learning Edisi 2015. Padang. Universitas Negeri Padang.
Pratiwi, Dewi Sartika. (2019). “Persepsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Terhadap Penggunaan E-Learning”. Skripsi. Universitas Negeri Padang.
Ramadhani, Mawar. (2012). “Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Web Based Training Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas X SMA Negeri 1 Kalasan”. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Rajif, Jefri. (2018). Analisis Penerimaan Implementasi Sistem Informasi E-Learning. Jurnal Voteknika. Vol.6 No.1 2018, Hal 54-62.
Riduwan. 2010. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta