PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TYPE TPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PEMBELAJARAN KUG
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Permasalahan yang ada pada mata pelajaran Konstruksi Utilitas Gedung di kelas XI DPIB SMK Dhuafa Padang adalah penggunaan model pembelajaran yang belum sesuai dengan karakteristik mata pelajaran dan kurangnya pemahaman materi yang menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Type Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar Konstruksi Utilitas Gedung siswa Kelas XI DPIB SMK Dhuafa Padang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Quasi experiment, atau eksperimen semu dengan desain Grup Kontrol Pretest-Posttest. Penelitian ini melibatkan siswa Kelas XI SMK Dhuafa Padang tahun ajaran 2022/2023, yang terdiri dari siswa kelas XI DPIB A dan XI DPIB B. Pengujian instrumen dilakukan di SMK Negeri 1 Lintau Buo, pada Kelas XI DPIB yang berjumlah 30 orang siswa. Dalam pengumpulan data, penelitian ini menggunakan tes hasil belajar yang terdiri dari 26 soal objektif yang mencakup pretest, posttest, dan gain score. Data yang dianalisis menggunakan uji perbedaan dua rata-rata (t-test). Berdasarkan hasil penelitian t-test didapatkan (2,151) ≥ (2,048) menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Think Pair Share Cooperative Type (TPS) mempengaruhi hasil belajar Konstruksi Utilitas Gedung di kelas XI DPIB SMK Dhuafa Padang.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.