PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PEMBELAJARAN EBK

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Andra Julian
Yuwalitas Gusmareta

Abstract

Masalah yang dihadapi dalam mengajar Estimasi Biaya Konstruksi di kelas XII BKP SMK Negeri 1 Sumatera Barat adalah karena cara mengajar yang belum cocok dengan karakteristik mata pelajaran dan juga pemahaman materi yang kurang, sehingga siswa memiliki hasil belajar yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi dampak dari penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar siswa kelas XII BKP SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi eksperimen dengan desain Grup Kontrol Pretest-Posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMK Negeri 1 Sumatera Barat tahun ajaran 2023/2024, siswa kelas XII BKP dan XII DPIB. Pengujian instrumen dilakukan di SMK Negeri 5 Padang, dengan melibatkan 30 siswa kelas XII BKP sebagai sampel. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar yang terdiri dari 25 soal objektif, termasuk pre-test, post-test, dan gain score. Analisis data menggunakan uji perbedaan rata-rata (uji-t). Hasil uji-t menunjukkan bahwa  (2,133) ≥  (2,002), mengindikasikan penolakan terhadap Ho dan penerimaan Ha. Dengan demikian, temuan penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) memiliki dampak positif terhadap hasil belajar Estimasi Biaya Konstruksi di kelas XII BKP SMK Negeri 1 Sumatera Barat.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Julian, A., & Gusmareta, Y. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PEMBELAJARAN EBK. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 4(3), 281-286. https://doi.org/10.24036/asce.v4i3.66683

References

Adi, A. P., & Kurniawan, W. D. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad ( Student Team Achievement Division ) Pada Mata Pelajaran
Pemrograman Cnc Kelas Xi Tpm 2 Smk Negeri 2 Bangkalan. Jptm, 11, 34–43.

Ahyar, H., Maret, U. S., Andriani, H., Sukmana, D. J., Mada, U. G., Hardani, S.Pd., M. S., Nur Hikmatul Auliya, G. C. B., Helmina Andriani, M. S., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Issue March).

Alfajri, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperati Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Menerapkan Dasar-dasar Kelistrikan. Edidas 2 , Thamrin 3 1. 7(3), 1–8.
Amanda, L., Yanuar, F., & Devianto, D. (2019). Partisipasi Politik Kota Padang. Jurnal mua VIII(1), 179–188.

Ayusya, A., Body, R., Studi, P., Teknik, P., Jurusan, B., Sipil, T., Teknik, F., Padang, U. N., & Belajar, H. (2021). Pengatruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa. 2(2).

Muhammad Pindawan (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran STAD melalui Media Twister terhadap Peningkatan Hasil Belajar PPKN Peserta Didik di SMKN 1 Sooko Mojokerto. Jurnal kajian moral dan kewarganegaraan Vol 8,1,16-30.

Rida anisa. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Administrasi Pajak Kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 7(3).

Saadah, F. Y., & Susanti, L. Y. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII MTsN 1 Jember. 1(2), 81–90.

Siti Rofi’ah (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi penelitian Vol 1,2777-0575.

Wayan Suwarsa (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal of Educational Development Vol 1,2.