EFEKTIVITAS PEMANFAATAN E-LEARNING PADA MATA KULIAH PRAKTIK PLUMBING DAN SANITASI DI ERA PANDEMI COVID-19
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pemanfaatan E-learning pada mata kuliah plumbing dan sanitasi dimasa pelaksanaan pembelajaran daring yang diakibatkan oleh covid-19 pada angkatan 2020. Jenis penelitian ini yaitu penelitian Expost Facto menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini sebanyak 58 mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan angkatan 2020 yang telah melaksanakan mata kuliah Praktik Plumbing dan Sanitasi. Berdasarkan Hasil penelitian Efektivitas Pemanfaatan E-Learning pada Mata Kuliah Praktik Plumbing dan Sanitasi di Era Pandemi Covid-19 termasuk efektif dengan Total Derajat Pencapaian dari dua Indikator yang terdiri dari 9 Sub Indikator 81,68%. Hasil penelitian pada setiap indikator yaitu: mutu pengajaran dengan skor 84,05% dalam kategori Efektif. tingkat pengajaran yang tepat dengan skor 82,75% termasuk dalam kategroi Efektif. Sub indikator insentif dengan skor 78,66% termasuk dalam kategori cukup Efektif. Sub indikator yaitu waktu dengan skor 81,46% termasuk dalam kategroi Efektif. Pemanfaatan teknologi informasi dengan skor 82,65% termasuk dalam kategori Efektif. Sedangkan penggunaan digital media/ internet memperoleh skor 78,73% dengan kategori cukup Efektif. selanjutnya sub indikator materi pembelajaran yang dapat disimpan memperoleh skor 83,79% termasuk dalam kategori Efektif. Pendekatan pembelajaran mandiri memperoleh skor 78,59% dengan kategori cukup Efektif dan otomatis proses pembelajaran memperoleh skor 84,33% dengan kategori Efektif. Hal ini berarti tingkat Efektivitas pada proses pembelajaran mata kuliah Praktik Plumbing dan Sanitasi dinilai Efektif dengan menggunakan E-Learning.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.
References
Darmawan, D. (2014). Metode penelitian kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset
Lubis, Syahron . 2011. Metodologi Penelitian. Padang: Sukabina Press
Margono, S. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : PT Rineka Cipta
Sappaile, Baso Intang. 2010. “Konsep Penelitian Ex-Post Facto”. Jurnal Pendidikan Matematika (Vol. 1 No. 2). Hlm. 105—113.
Sudaryono. 2018. Metodologi Penelitian. Depok: PT. Raja Grafindo Persada
Sugihartono, dkk, 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Pers.