PERBANDINGAN HASIL BELAJAR ANTARA METODE PEMBELAJARAN LURING DAN DARING DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DPIB SMK NEGERI 1 PARIAMAN PADA MATA PELAJARAN ESTIMASI BIAYA KONSTRUKSI
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Pendidikan merupakan suatu kebutuhan yang sangat penting di era globalisasi saat ini, konsekuensi dari penutupan lembaga pendidikan secara fisik dan diganti dengan belajar dari rumah sebagaimana kebijakan pemerintah adalah bertujuan untuk memutus penyebaran virus COVID-19. Namun dengan adanya perubahan sistem belajar mengajar, pengelola sekolah, siswa, orang tua, dan guru harus bermigrasi dan beradaptasi ke sistem pembelajaran digital atau online yang telah di kenal pada saat ini sistem e-learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Perbandingan hasil belajar Estimasi biaya konstruksi dalam pembelajaran daring dan luring pada siswa kelas XI DPIB SMK Negeri 1 Pariaman. Penelitian ini dlakukan dengan tes Latihan soal secara onfline. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Pariaman peserta didik kelas XI jurusan DPIB yang terdaftar pada tahun ajaran 2021/2022 untuk mata pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi. Sampel Pada penelitian ini diperoleh kelas XIDPIB1a sebagai kelas eksperimen berjumlah 28 orang dan kelas XIDPIB2b sebagai kelas kontrol yang berjumlah 24 orang. Hasil Penelitian kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata 75,357, sedangkan kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 67,156. Hasil perhitungan hipotesis pada taraf signifikan α=0,05 didapatkan thitung> ttabel yaitu (3,464 > 1,676), karena thitung besar dari ttabel, maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran luring lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran daring.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.