PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE STAD (Student Teams Achievement Division) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ESTIMASI BIAYA KONSTRUKSI (EBK)
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Abstrak: Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI DPIB di SMK Dhuafa Padang pada mata pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi tahun ajaran 2023/2024 dengan diberikan perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran tooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division). Jenis penelitian yang dilakukan peneliti dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan 2 siklus dimana subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI DPIB SMK Dhuafa Padang tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah siswa 23 orang. Berdasarkan analisis data didapatkan peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi. Peneliti menyimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I dengan skor 52%,pada siklus II dengan 78%. Maka daripada itu siklus II persentase nilai rata-rata sudah tercapai. Untuk keaktifan juga mengalami peningkatan dimana pada siklus I skor 31% sedangkan siklus II naik 72% diliahat terjadi peningkatan 41%.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.
References
Dewi, D. A. N. N. (2018). Modul Uji Validitas dan Hormonal. Universitas Diponegoro, October, 14.
Fatimah, L. U., & Alfath, K. (2019). Analisis Kesukaran Soal, Daya Pembeda, dan Fungsi Distraktor. Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 8(1), 37–64.
Hotimah, Husnul. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Besed Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar.
Ibrahim, (2009). Rencana dan Estimate Real of Cost. Jakarta: Bumi Akasara.
Nugroho, R.E. & Suryaningrum. (2018). Estimasi Biaya Konstruksi, Sanitasi, dan Perawatan Gedung. Jakarta: Andi.
Nurlatifah, Ade & Septi Ambarwati. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Keaktifan Siswa.
Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Depok: Charisma Putra Utama Offset.