KENDALA PENYELESAIAN SKRIPSI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI PADANG
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Latar belakang permasalahan adalah data mahasiswa yang menyelesaikan skripsi pada setiap semesternya kurang dari 40%, sehingga rata-rata mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang tidak mampu menyelesaikan skripsi dalam 1 semester dan data tersebut akan berdampak pada akreditasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja dan seberapa besar kendala penyelesaian skripsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, untuk teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan bantuan google form. Sampel penelitian menggunakan total sampling dengan total 84 responden lulusan mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang angkatan 2017-2018.
Hasil dari penelitian ditinjau dari 2 aspek didapatkan kendala internal dengan nilai persentase 61% dengan kriteria setuju dan kendala eksternal dengan nilai persentase 56% dengan kriteria kurang setuju. Kendala internal terbesar adalah kendala dalam manajemen waktu untuk Peraktek Lapangan Industri, Peraktek Lapangan Kependidikan, Kuliah Kerja Nyata, dan menulis skripsi dengan nilai persentase 74% dan Kendala eksternal terbesar adalah kendala mencari referensi terbaru yang sesuai dengan topik skripsi karena tidak tersedia di ruang baca Departemen Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang dengan nilai persentase 71%.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.
References
Buku Pedoman Akademik Fakultas Teknik. (2018/2019). Padang.
Buku Borang IIIA Borang Program Studi Tentang Akreditasi PSPJJ Program Sarjana. (2018). Jakarta: Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi.
Indonesia, (2016). Peraturan Menteri Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2016 Tentang Akreditasi Program Studi Dan Perguruan Tinggi. Jakarta: DITJEN PERPU KEMENKUMHAM .
Peraturan Akademik Universitas Negeri Padang. (2015). Padang.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alvabeta,cv.
Riduwan. (2009). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Deepublish.
Widoyokko, E. P. (2014). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.