PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL TIGA DIMENSI PADA MATA PELAJARAN KONSTRUKSI UTILITAS GEDUNG di SMK NEGERI 1 PADANG
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kebosanan belajar siswa, penggunaan bahan ajar belum optimal, interaksi belajar yang belum maksimal dan rendahnya hasil belajar yang di peroleh selama pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk membuat suatu media pembelajaran visual tiga dimensi yang valid dan praktis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Four-D (4D). Adapun tahap pengembangan 4D yaitu, 1) Define, 2) Design, 3) Development dan 4) Disseminate. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan bahwa didapatkan penilaian dari ahli materi 1 sebesar 94% dengan katagori sangat valid dan penilaian untuk validator materi 2 sebesar 94% dengan katagori sangat valid, yang terakhir validasi media dengan validator ahli media didapatkan penilaian 83% dengan katagori sangat valid.selain itu penelitian ini mengujikan ke praktikalitas kepada siswa SMK N 1 Padang dengan penilaian 82% yang dikatogorikan sangat praktis.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.
References
Thiagarajan, S., Semmel, D. & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Expectional Children. Minnesota: Leadership Training Institute, University of Minnesota
Aiken, L. R. (1985). “Three coefficients for analyzing the reabillity and validity of ratings”. Jurnal Educational and psychological measurement. 45(1), 131-142.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian pendidikan (pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Arikunto, S. (2013). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.