PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL TIGA DIMENSI PADA MATA PELAJARAN KONSTRUKSI UTILITAS GEDUNG di SMK NEGERI 1 PADANG

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Wahyu Ikhlas
Rusnardi Rahmad Purta

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kebosanan belajar siswa, penggunaan bahan ajar belum optimal, interaksi belajar yang belum maksimal dan rendahnya hasil belajar yang di peroleh selama pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk membuat suatu media pembelajaran visual tiga dimensi yang valid dan praktis. Metode yang digunakan dalam penelitian  ini  adalah  Research  and  Development (R&D) dengan model pengembangan Four-D (4D). Adapun tahap pengembangan 4D yaitu, 1) Define, 2) Design, 3) Development dan 4) Disseminate. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan bahwa didapatkan penilaian dari ahli materi 1 sebesar 94% dengan katagori sangat valid dan penilaian untuk validator materi 2 sebesar 94% dengan katagori sangat valid, yang terakhir validasi media dengan validator ahli media didapatkan penilaian 83% dengan katagori sangat valid.selain itu penelitian ini mengujikan ke praktikalitas kepada siswa SMK N 1 Padang dengan penilaian 82% yang dikatogorikan sangat praktis.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Ikhlas, W., & Purta, R. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL TIGA DIMENSI PADA MATA PELAJARAN KONSTRUKSI UTILITAS GEDUNG di SMK NEGERI 1 PADANG. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 4(3), 356-358. https://doi.org/10.24036/asce.v4i3.68983

References

Cahyanto, P. N., & Handayani, K. D. (2018). “Pengembangan Media Visual 3 Dimensi Sketchup Pada Materi Pelajaran Menggambar Potongan Rumah Sederhana Satu Lantai Kelas XI Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 3 Surabaya.” Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 2(2/JKPTB/18).

Thiagarajan, S., Semmel, D. & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Expectional Children. Minnesota: Leadership Training Institute, University of Minnesota

Aiken, L. R. (1985). “Three coefficients for analyzing the reabillity and validity of ratings”. Jurnal Educational and psychological measurement. 45(1), 131-142.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian pendidikan (pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Arikunto, S. (2013). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.