PENGARUH MATA PELAJARAN APLIKASI PERANGKAT LUNAK DAN PERENCANAAN INTERIORGEDUNG TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA SMKN 1 PARIAMAN
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Rendahnya angka lulusan SMK Negeri 1 Pariaman yang memasuki dunia kerja menunjukkan belum tercapainya tujuan SMK untuk menciptakan lulusan yang siap bekerja. Penyebab banyaknya lulusan yang belum bekerja dikarenakan belum terpenuhinya aspek-aspek kesiapan kerja, salah satunya aspek keterampilan. Aspek keterampilan diperoleh oleh peserta didik melalu pembelajaran di dalam maupun di luar kelas. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh mata pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak dan Perencanaan Interior Gedung terhadap kesiapan kerja siswa SMK Negeri 1 Pariaman. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan menggunakan analisis regresi. Sampel pada penelitian ini merupakan siswa kelas XII Jurusan DPIB Tahun Ajaran 2019/2020 sebanyak 41 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket (kuisioner) untuk data primer dan dokumentasi untuk data sekunder. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara hasil belajar mata pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak dan Perencanaan Interior Gedung dengan kesiapan kerja siswa SMK Negeri 1 Pariaman dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,662. Mata pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak dan Perencanaan Interior Gedung memberikan konstribusi sebesar 44,3% terhadap kesiapan kerja, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.
References
Usfatun Nur Fajriyani. 2014. Pengaruh Prestasi Belajar Mata Pelajaran Gambar Bangunan Gedung, RAB & Dokumen Proyek dan Kemandirian Belajar terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan Di SMK N 2 Yogyakarta. Skripsi: Universitas Negeri Yogyakarta.
Slameto. (2010). Belajar & Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Kamus Besar Bahasa Indonesia. (1998). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Andi Haji Saputro. 2013. Konstribusi Minat Kerja dan Kemampuan Akademis terhadap Kesiapan Memasuki Dunia Kerja Siswa Kelas XI SMKN 2 Pengasih Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi: Universitas Negeri Yogyakarta.
Sukardi, Dewa Ketut. (1993). Bimbingan Karier di Sekolah-Sekolah. Jakarta: Balai Pustaka.
Ruky, Achmad S. (2003). Sumber Daya Manusia Berkualitas Mengubah Visi Menjadi Realitas. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Umum.
Fitriyanto, Agus. (2006). Ketidakpastian Memasuki Dunia Kerja Karena Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Dharma, Amik Triguna. (2007). Buku Panduan Belajar AutoCAD. Medan:Team Work Amik Trigurna Dharma
Sari, Rina Dewi Indah. (2009). Modul AutoCAD Sampai Mahir. Malang: STMIK Asia Malang.
Maolani, R. A. dan Cahyana. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Yuniarto, Budi dan Robert Kurniawan. (2016). Analisis Regresi Dasar Penerapannya dengan R. Jakarta:Kencana
Nuryadi, dkk. (2017). Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta:Sibuku Media
Siregar, Syofian. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual 7 SPSS. Malang: Kencana.
Sarwono, Jonathan. (2006). Analisis Data Penelitian Menggunakan SPSS. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.
Fahmi, I. G. Rani, and P. Zola, “Kontribusi Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Ilmu Ukur Tanah Siswa Kelas X Jurusan Teknik Bangunan Smkn 5 Padang,” CIVED, vol. 5, no. 3, 2018.
A. P. Melinda, P. Zola, R. Abdullah, and R. Body, “Sosialisasi pekerjaan struktur rumah sederhana yang ramah gempa kepada buruh konstruksi di kecamatan matur kabupaten agam,” CIVED, vol. 5, no. 4, pp. 3–6, 2018.
Z. Annuar and P. Zola, “Pengaruh Pelaksanaan Pengalaman Lapangan Industri Terhadap Minat Memilih Profesi Guru Bagi Mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan,” Cived, vol. 6, no. 3, 2019.
S. Syahril, N. Jalinus, R. A. Nabawi, and Y. Arbi, “The Create Skills of Vocational Students to Design a Product: Comparison Project Based Learning Versus Cooperative Learning-Project Based Learning,” Adv. Soc. Sci. Educ. Humanit. Res., vol. 299, no. 5th UPI International Conference on Technical and Vocational Education and Training (ICTVET 2018) The, pp. 316–320, 2019.
N. Jalinus, Syahril, R. Azis and Y. Arbi, "How Project-Based Learning and Direct Teaching Models Affect Teamwork and Welding Skills Among Students," International Journal of Innovation, Creativity and Change, vol. 11, no. 11, pp. 85-111, 2020.