RELEVANSI KURIKULUM MERDEKA PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN TERHADAP PERALATAN WORKSHOP PRAKTEK KERJA KAYU DEPARTEMEN TEKNIK SIPIL

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ridho Syahrul Ramadhan
Iskandar G Rani

Abstract

Abstrak : Penelitian ini berkaitan penerapan peralatan yang ada di Workshop Pekayuan tidak lepas dari perangkat pelaksanaan kurikulum merdeka. Dari hal ini belum diketahui relevansi kurikulum merdeka dengan peralatan yang digunakan dalam menyelesaikan produk pada praktek kerja kayu. tujuan penelitian ini untuk mengetahui relevansi kurikulum merdeka pendidikan teknik bangunan terhadap peralatan Workshop praktek kerja kayu departemen teknik sipil. Jenis penelitian ini akan dilaksanakan dengan menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Sampel untuk penelitian ini adalah 31 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menyebarkan pertanyaan penelitian sebagai link yang dihasilkan pada Google form, yang kemudian dibagikan melalui Whatsapp. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah verifikasi data dan analisis deskriptif dengan menggunakan Microsoft Office Excel dan SPSS versi 17.0. Hasil penelitian pada masing-masing subindeks soft skill dan pengembangan kepribadian mencapai 83,39 pada tingkat tinggi. Sub indikator fokus pada materi ensensial memperoleh skor 88,30% termasuk dalam kategori tinggi. sub indikator pembelajaran yang fleksibel memperoleh skor 75,80% dengan kategori cukup tinggi. Sub indikator alat peralatan utama memperoleh skor yang 85,88% termasuk dalam kategori tinggi. Sub indikator kelengkapan standar dengan skor 84,03% termasuk dalam kategori tinggi. Sedangkan sub indikator kelengkapan tambahan memperoleh skor 81,45% termasuk dalam kategori tinggi.


 

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Ramadhan, R., & Rani, I. (2023). RELEVANSI KURIKULUM MERDEKA PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN TERHADAP PERALATAN WORKSHOP PRAKTEK KERJA KAYU DEPARTEMEN TEKNIK SIPIL. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 4(3), 331-334. https://doi.org/10.24036/asce.v4i3.70383

References

Alawiyah, T. (2017) Komplikasi Dan Resiko Yang Berhubungan Dengan. Perawatan Ortodonti. Jurnal Ilmiah Widya. Vol 4. No 1, Hal 256-261
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional
Nurwiatin, N. (2022). Pengaruh pengembangan kurikulum merdeka belajar dan kesiapan kepala sekolah terhadap penyesuaian pembelajaran di sekolah. Edusaintek
Sudaryono. (2018). Metodologi Penelitian. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian. Bandung: ALFABETA.
Syahron, Lubis. (2011). Metodologi Penelitian. Padang: Sukabina Press
Yamin, Sofyan dan Heri Kurniawan. (2011). “Generasi Baru Mengolah Data. Penelitian dengan partial Least Square Path Modeling”, Jakarta: Salemba Empat.