STUDI FAKTOR PENYESUAIAN KAPASITAS JALAN UNTUK JALUR EVAKUASI TSUNAMI
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Ruas Jalan Kemayoran – Jalan Tunggul Hitam pada saat ini diperkirakan masih kurang mampu digunakan sebagai jalur evakuasi tsunami akibat penyalahgunaan bahu jalan dan aktifitas samping jalan yang sibuk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan Ruas Jalan Kemayoran – Jalan Tunggul Hitam sebagai jalur evakuasi tsunami Kota Padang. Metode penelitian yang digunakan dalam tugas akhir ini adalah metode penelitian kuantitatif. Penelitian ini membahas mengenai kapasitas dan kinerja jalan saat kondisi normal dan saat kondisi evakuasi tsunami berdasarkan MKJI tahun 1997. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil analisis data berupa: (1) Kapasitas jalan terbesar adalah 2726 smp/jam, sedangkan kapasitas jalan terkecil adalah 1895,12 smp/jam. (2) Kinerja Jalan pada hari Minggu jam puncak sore sangat rendah, yaitu F. ITP pada hari Senin jam puncak pagi semua stasioning adalah C. Stasioning 1 dan 5 memiliki ITP adalah D pada hari Senin jam puncak sore, sedangkan stasioning lainnya memiliki ITP adalah C. (3) Prediksi volume total lalu lintas saat evakuasi tsunami didapatkan jam puncak pagi pada pukul 07.00 – 08.00 WIB dengan total 3219,43 smp/jam dan jam puncak sore pada pukul 17.00 – 18.00 WIB dengan total 3489,31 smp/jam. (4) prediksi nilai kapasitas jalan terbesar adalah 2915,88 smp/jam pada stasioning 2 jam puncak pagi, sedangkan prediksi kapasitas jalan terkecil adalah 2303,55 smp/jam pada stasioning 5 baik jam puncak pagi maupun sore. (5) prediksi kinerja jalan rata-rata pada ruas Jalan Kemayoran – Jalan Tunggul Hitam saat evakuasi tsunami adalah F.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.
References
Ashar, F., Rifwan, F., Zola, P., & Aprilanda, E. (2021). Analisis Penempatan Gedung Evakuasi Vertikal (Shelter) Tsunami di Lingkungan Kampus Universitas Negeri Padang. 2(4), 407–411.
Badan Pusat Statistik Kota Padang. (2023). Kota Padang Dalam Angka 2023 (BPS Kota Padang, Ed.). BPS Kota Padang.
Direktoral Jendaral Bina Marga. (2021). Pedoman Desain Geometrik Jalan. Direktoral Jendral Bina Marga.
Direktorat Jenderal Bina Marga. (1997). Manual Kapasitas Jalan Indonesia. Direktoral Jendral Bina Marga.
Federal Emergency Management Agency. (2009). Guidelines for Design of Structures for Vertical Evacuation from Tsunamis Third Edition (Third). Federam Emergency Management Agency. www.ATCouncil.org
Hasibuan, A. S. P. (2016). Evaluasi Kinerja Lalu Lintas dan Kondisi Perkerasan pada Jalur Evakuasi Merapi (Studi Kasus : Jamblangan-Ngepring Roads, Purwobinangun Village) [Tugas Akhir]. Universitas Islam Indonesia.
Hermon, D. (2012). Mitigas Bencana Hidrometeorologi (UNP Press Padang, Ed.). UNP Press Padang.
Kurniawan, T. F. (2022). Analisis Faktor Koreksi Perhitungan Kapasitas Jalan Jalur Evakuasi Tsunami Kota Padang (Studi Kasus : Jalan Alai Timur Sta 1+100-Sta 2+200) [Tugas Akhir]. Universitas Andalas.
Malik, Y., & Nanin. (2009). Pengantar Tentang Bahaya Program Pelatihan Manajenen Bencana (3 ed.).
Mutiawati, C., Suryani, F. M., Isya, M., Lulusi, Anggraini, R., Putri, V. N., & Rivinaldi, R. (2022). Feasibility Study of Tsunami Evacuation Routes Based on Road Perfomance Using The Indonesian Highway Capacity Manual. Communications - Scientific Letters of the University of Žilina, 24(4), F109–F119. https://doi.org/10.26552/com.C.2022.4.F109-F119
Pemerintah Kota Padang. (2010). Peta Evakuasi Tsunami Kota Padang. Pemerintah Kota Padang.
Pemerintah Kota Padang. (2012). Peraturan Daerah Kota Padang Nomor 4 Tahun 2012 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Padang Tahun 2010 -2030. Pemerintah Kota Padang.
Pemerintah Kota Padang. (2013). Dokumen Jalur Evakuasi Bencana Tsunami Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat (2014–2019 ed.). Pemerintah Kota Padang.
Pemerintah Republik Indonesia. (2004). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2004 Tentang Jalan.
Purnawan, & Sari, H. P. (2017). Prosiding Simposium Forum StudiTransportasi antar Perguruan Tinggi ke-20 Universitas Hasanuddin. Prosiding Simposium Forum Studi Transportasi antar Perguruan Tinggi ke-20, 420–429.
Roselia, W. (2018). Prediksi Arus Lalu Lintas Jalur Evakuasi Tsunami Ruas Jalan Raya Alai-Ampang-Kampung Kalawi di Kota Padang [Tugas Akhir]. Universita Andalas.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Cetakakan ke-19). Alfabeta, CV.
Suryani, R., Mutia, E., Ellida, D., & Lydia, N. (2018). Evaluasi Rute Evakuasi Tsunami Kecamatan Padang Barat Kota Padang Menggunakan QGIS. 26–31.
Syam, A. (2016). Kelayakan Jalur Evakuasi Tsunami di Kecamatan Padang Utara Kota Padang. 1(1), 11–21.
Wiloso, D. A., & Vienastra, S. (2018). Mitigasi Bencana Tsunami di SDN Tirtihargo Dusum Baros, Desa Tirtohargo, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. 55–66.