STUDI SIMPANG TAK BERSINYAL DENGAN PENUTUPAN PALANG PINTU KERETA API

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

M Fadil Syahputra
Faisal Ashar

Abstract

Simpang Tunggul Hitam merupakan simpang yang terletak di Kecamatan Padang Utara. Berdasarkan observasi langsung ditemukan beberapa permasalahan, dimana banyaknya aktivitas disekitar simpang, dan diperparah dengan penutupan palang pintu kereta api, sehingga terjadinya kemacetan. Tujuan dari penelitian ini adalah mencari solusi alternatif untuk meningkatkan kinerja simpang tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Pada penelitian ini yang dibahas adalah tingkat pelayanan jalan, perbandingan waktu tundaan dan panjang antrian yang terjadi di Simpang Tunggul Hitam dengan menggunakan metode MKJI 1997. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil analisis data berupa: (1) Kinerja simpang pada kondisi eksisting didapat kapasitas simpang 4450,1 smp/jam, panjang antrian yaitu 106 m dengan nilai derajat kejenuhan 0,96 dimana nilai tingkat pelayanan jalan yaitu E. (2) Ada perbedaan waktu tundaan dan panjang antrian yang terjadi saat kondisi normal dan saat palang pintu kereta api ditutup, dimana terjadi peningkatan waktu saat palang pintu KA ditutup. (3) Direncanakan 3 alternatif, dimana dari ketiga alternatif tersebut dipilih alternatif ketiga yaitu kombinasi alternatif satu dan dua ditambah dengan pembatasan akses kendaraan berat. Dari hasil perhitungan diperoleh kapasitas simpang 4837,40 smp/jam, panjang antrian 58 m dengan nilai derajat kejenuhan 0,85 dimana tingkat pelayanan jalan yaitu D.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Syahputra, M., & Ashar, F. (2023). STUDI SIMPANG TAK BERSINYAL DENGAN PENUTUPAN PALANG PINTU KERETA API. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 4(3), 348-355. https://doi.org/10.24036/asce.v4i3.70583

References

Asfiati Sri, & Mutiara, D. T. (2020). Studi Keselamatan dan Keamanan Transportasi di Perlintasan Sebidang Antara Jalan Rel dengan Jalan Umum (Studi Kasus Perlintasan Kereta Api Di Jalan Padang, Bantan Timur, Kecamatan Medan Tembung). Progress in Civil Engineering Journal, 2(1), 31–41.
Badan Pusat Statistik Kota Padang. (2021, Juli 7). Jumlah Penduduk Menurut Jenis Kelamin, 2010-2020. Retrieved from Badan Pusat Statistik Kota Padang: https://padangkota.bps.go.id/subject/12/kependudukan.html#subjekViewTab3
Dewita, M., & Rahman Fajar, A. (2020). Dampak Pertumbuhan Penduduk Terhadap Infrastruktur di Kota Padang. Jurnal Kependudukan Dan Pembangunan Lingkungan, 1.
Dinata, D. A. M. W. (2019). Pengaruh Penutupan Perlintasan Kereta Api Terhadap Kinerja Ruas Jalan (Studi Kasus Perlintasan Pasar Nongko, Kota Surakarta).
Direktorat Jenderal Bina Marga. (2021). Pedoman Desain Geometrik Jalan. Kementrian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat, 24–31.
Direktorat Jenderal Bina Marga. (1997). Manual Kapasitas Jalan Indonesia. 134–175.
Efendi, R. D. C., Sebayang, N., & Nainggolan, T. H. (2020). Pengaruh Penutupan Palang Pintu Perlintasan Kereta Api Terhadap Kinerja Lalu Lintas Pada Simpang Tak Bersinyal di Kota Malang (Studi Kasus Simpang Tak Bersinyal JL. S. Supriadi - JL. Satsui Tubun). Student Journal GELAGAR, 02, 52.
Fatimah, S. (2019). Pengantar Transportasi (Ningsih, Ed.; pertama). Myria Publisher.
Harianto, Ir. J. (2004). Perencanaan Persimpangan Tidak Sebidang Jalan Raya.
Junaidi, J. K., & Ersi, L. (2017). Dampak Modernisasi Pembangunan Kota Terhadap Transportasi Publik di Kota Padang (2003-2016). Seminar Nasional Administrasi Negara FIS UNP, 20.
Kuncoro, R. B., Ratih, S. Y., & Primantari, L. (2022). Analisis Tingkat Pelayanan Jalan pada Perlintasan Sebidang dengan Rel Kereta Api. SCER, 11–21.
Lubis, I. S., Eka Priana, S., & Yusman, A. S. (2021). Pengaruh Perlintasan Kereta Api Terhadap Arus Lalu Lintas di Simpang Tunggul Hitam Kota Padang. Ensiklopedia Research and Community Service Review, 1(1). http://jurnal.ensiklopediaku.org
Nureka, B. (2022). Pengaruh Penutupan Pintu Perlintasan Rel Kereta Api Terhadap Panjang Antrian Kendaraan (Studi Kasus: Jalan Jaksa Agung Suprapto Kota Lamongan).
Pamungkas, A. D. (2016). Evaluasi Simpang Tak Bersinyal yang Berdekatan Dengan pintu Perlintasan KA pada Persimpangan JL. Ciliwung - JL. Karya Timur Kota Malang.
Peraturan Direktural Jenderal Perhubungan Darat. (2005). Pedoman Teknis Perlintasan Sebidang antara Jalan Dengan Jalur Kereta Api. In Jakarta (Ed.), Departemen Perhubungan (pp. 10–18).
Peraturan Menteri Perhubungan. (2018). Nomor 94 tentang Peningkatan Keselamatan Perlintasan Sebidang Antara Jalur Kereta Api dengan Jalan. 4. www.peraturan.go.id
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. (2006). Nomor 34 tentang Jalan. 2.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. (2004). Nomor 38 tentang Jalan. 5–11.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. (1993). Nomor 43 tentang Prasarana dan Lalu Lintas Jalan. 2.
Pratama, T., & Hartanto Susilo, B. (2019). Evaluasi Kinerja Lalu Lintas Pada Lintasan Kereta Api di jalan Abdul Rahman Saleh. Jurnal Teknik Sipil, 15, 63.
Risdiyanto. (2014). Rekayasa & Manajemen Lalu Lintas. LeutikaPrio. www.leutikaprio.com
Sriharyani, L., & Hadijah, I. (2016). Analisis Kinerja Simpang Tidak Bersinyal Kota Metro (Studi Kasus Persimpangan Jalan, Ruas Jalan Jend. Sudirman, Jalan Sumbawa, Jalan Wijaya Kusuma Dan Halan Inspeksi). TAPAK (Teknologi Aplikasi Konstruksi), 6(1).