PENGEMBANGAN GEDUNG BELAJAR JURUSAN TEKNIK MESIN DAN OTOMOTIF FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI PADANG

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Arianto Arianto
Revian Body

Abstract

Perancangan ini dilatarbelakangi oleh terus berkembangnya jumlah mahasiswa, jumlah dosen dan penambahan Prodi di Jurusan Teknik Mesin dan Teknik Otomotif sehingga kebutuhan akan ruangan tidak lagi terpenuhi oleh bangunan lama. Oleh karena itu dilakukan perancangan untuk pengembangan gedung belajar Jurusan Teknik Mesin dan Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang. Perancangan pada gedung Jurusan Teknik Mesin dan Otomotif ini dilakukan dengan tiga tahapan yaitu (1) Pemrograman yaitu merupakan teknik pengumpulan data terkait dengan objek perancangan, pengambilan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan survey, (2) Perencanaan yaitu merupakan teknik pengolahan data yang telah didapatkan dari hasil pemrograman untuk dapat dijadikan bahan pertimbangan, (3) Perancangan yaitu merupakan hasil akhir dari bentuk perencanaan yang diterapkan pada sebuah gambar. Gedung belajar jurusan yang direncanakan memiliki luas tanah ±3220 m2 dengan ketinggian bangunan mencapai 7 lantai. Bangunan ini terdiri dari 2 kantor jurusan yang dilengkapi dengan ruangan yang disesuaikan dengan kebutuhan, 20 ruang kelas teori Teknik Mesin, 19 ruang kelas Teknik Otomotif, 1 kantin, 1 ruang fotokopi,1 ruang perpustakaan, 1 ruang olahraga ringan, 1 mushalla. Total rencana anggaran biaya pada bangunan ini yaitu sebesar Rp. 51.496.560.000,- (Lima puluh satu miliar empat ratus sembilan puluh enam juta lima ratus enam puluh ribu rupiah).

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Arianto, A., & Body, R. (2020). PENGEMBANGAN GEDUNG BELAJAR JURUSAN TEKNIK MESIN DAN OTOMOTIF FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI PADANG. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 1(1), 30-35. Retrieved from http://asce.ppj.unp.ac.id/index.php/ASCE/article/view/8

References

Sejarah Universitas Negeri Padang. http:// www.unp.ac.id/id/hal/sejarah 2019.

Ryan Viazi. 2019. Pengembangan Gedung Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. CIVED ISSN: 2302-3341 (Vol. 6, No.3)

Sejarah Kota Padang. http:// padang.go.id/konten/sejarah-kota padang. 2019.

Evi Rine Hastuti. 2009. Buku Pintar Gempa. Yogyakarta: DIVA Press

Sunarjo, M Taufik Gunawan dan Sugeng Pribadi. 2012. Gempa Bumi Edisi Populer. Jakarta: Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika.

Peraturan Pemerintah No. 04 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Pendidikan Tinggi.

Peraturan Daerah Kota Padang No. 07 Tahun 2015 tentang Bangunan Gedung.

H. K. Ishar. 1992. Pedoman Umum Merancang Bangunan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Peraturan Daerah Kota Padang No. 07 Tahun 2015 tentang Fungsi dan Klarifikasi bangunan Gedung pasal 6 ayat 4.

Revian Body. 1999. Perencanaan dan Perancangan Bangunan. Padang: DIP Proyek Universitas Negeri Padang.

Rustam Hakim. 2014. Komponen Perancangan Arsitektur Lansekap. Jakarta: Bumi Aksara.

H. Bachtiar Ibrahim. 1993. Rencana dan Estimate Real of Cost. Jakarta: Bumi Aksara.

Sastraatmadja, Soedradjat. 1984. Analisa Anggaran Biaya Pelaksanaan. Bandung: Nova.

Noor Cholis Idham. 2014. Prinsip Prinsip Desain Arsitektur Tahan Gempa. Yogyakarta: Andi.

Allan Aristo Ryu. 2019. Perancangan Gedung Serba Guna Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang. CIVED ISSN: 2302-3341 (Vol. 6, No.2)

Hendra Dona Putra. 2019. Perancangan Aula dan Fasilitas Pedestrian di Sekolah Menengah Kejuran Negeri 1 Padang. CIVED ISSN: 2302-3341 (Vol. 6, No.2)

Dadhan Harusda. 2018. Perancangan Aula Serbaguna Sekolah Menengah Kejuruan 1 Pariaman. CIVED ISSN: 2302-3341 (Vol. 5, No.3)

Fahmi, I. G. Rani, and P. Zola, “Kontribusi Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Ilmu Ukur Tanah Siswa Kelas X Jurusan Teknik Bangunan Smkn 5 Padang,” CIVED, vol. 5, no. 3, 2018.

A. P. Melinda, P. Zola, R. Abdullah, and R. Body, “Sosialisasi pekerjaan struktur rumah sederhana yang ramah gempa kepada buruh konstruksi di kecamatan matur kabupaten agam,” CIVED, vol. 5, no. 4, pp. 3–6, 2018.

Z. Annuar and P. Zola, “Pengaruh Pelaksanaan Pengalaman Lapangan Industri Terhadap Minat Memilih Profesi Guru Bagi Mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan,” Cived, vol. 6, no. 3, 2019.

S. Syahril, N. Jalinus, R. A. Nabawi, and Y. Arbi, “The Create Skills of Vocational Students to Design a Product: Comparison Project Based Learning Versus Cooperative Learning-Project Based Learning,” Adv. Soc. Sci. Educ. Humanit. Res., vol. 299, no. 5th UPI International Conference on Technical and Vocational Education and Training (ICTVET 2018) The, pp. 316–320, 2019.

N. Jalinus, Syahril, R. Azis and Y. Arbi, "How Project-Based Learning and Direct Teaching Models Affect Teamwork and Welding Skills Among Students," International Journal of Innovation, Creativity and Change, vol. 11, no. 11, pp. 85-111, 2020.