PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE 3 PADA MATA KULIAH KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3)
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Permasalahan yang ada pada Mata Kuliah Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) adalah media pembelajaran yang tersedia masih kurang efektif dan belum interaktif untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline 3 yang valid dan praktis dalam Mata Kuliah Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Penelitian pengembangan ini menggunakan tahapan-tahapan R&D (Research and Development) yang mengadaptasi model 4D. Langkah-langkah penelitian dan pengembangan model 4DÂ terdiri dari Define, Design, Development and Dissemination. Instrumen yang digunakan berupa angket penilaian media pembelajaran untuk ahli materi, ahli media, dan mahasiswa. Berdasarkan penilaian produk terhadap media pembelajaran interaktif pada Mata Kuliah Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) oleh ahli materi 1 memperoleh rata-rata skor 4,3 dan masuk dalam kategori sangat baik, sedangkan penilaian oleh ahli materi 2 memperoleh rata-rata skor 4,25 dan masuk dalam kategori sangat baik. Ahli media memperoleh rata-rata skor 4,54 dan masuk kategori sangat baik. Penilaian dari 5 orang mahasiswa memperoleh rata-rata skor 4,3 dan masuk kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penilaian tersebut, maka media pembelajaran interaktif yang dihasilkan dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.
References
Purnama, Saputra Indra dan Asto B. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Software Articulate Storyline pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar Kelas X TEI 1 Di SMK Negeri 2 Probolinggo. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. 3 (2), 275-279.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitan Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitan Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Widoyoko, Eko Putro. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Widoyoko, Eko Putro. (2014). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.