PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE 3 PADA MATA KULIAH KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3)

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Fauzi Nofriansyah
Revian Body

Abstract

Permasalahan yang ada pada Mata Kuliah Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) adalah media pembelajaran yang tersedia masih kurang efektif dan belum interaktif untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline 3 yang valid dan praktis dalam Mata Kuliah Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Penelitian pengembangan ini menggunakan tahapan-tahapan R&D (Research and Development) yang mengadaptasi model 4D. Langkah-langkah penelitian dan pengembangan model 4D  terdiri dari Define, Design, Development and Dissemination. Instrumen yang digunakan berupa angket penilaian media pembelajaran untuk ahli materi, ahli media, dan mahasiswa. Berdasarkan penilaian produk terhadap media pembelajaran interaktif pada Mata Kuliah Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) oleh ahli materi 1 memperoleh rata-rata skor 4,3 dan masuk dalam kategori sangat baik, sedangkan penilaian oleh ahli materi 2 memperoleh rata-rata skor 4,25 dan masuk dalam kategori sangat baik. Ahli media memperoleh rata-rata skor 4,54 dan masuk kategori sangat baik. Penilaian dari 5 orang mahasiswa memperoleh rata-rata skor 4,3 dan masuk kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penilaian tersebut, maka media pembelajaran interaktif yang dihasilkan dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Nofriansyah, F., & Body, R. (2021). PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE 3 PADA MATA KULIAH KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3). Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 2(1), 33-37. https://doi.org/10.24036/asce.v2i1.80566

References

Priadi, B., Rizal, F., Oktaviani, & Rifwan, F. (2018). Penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Mahasiswa di Workshop Kayu Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. CIVED, 5 (1), 2048-2052.

Purnama, Saputra Indra dan Asto B. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Software Articulate Storyline pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar Kelas X TEI 1 Di SMK Negeri 2 Probolinggo. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. 3 (2), 275-279.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitan Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitan Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Widoyoko, Eko Putro. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Widoyoko, Eko Putro. (2014). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.