KONTRIBUSI GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR MEKANIKA TEKNIK SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 PADANG
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah banyak siswa yang memiliki nilai di bawah KKM karena gaya mengajar guru yang kurang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap Kontribusi Gaya Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Mekanika Teknik Siswa kelas X SMK Negeri 1 Padang.
Populasi sekaligus sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Padang yang telah selesai belajar Mekanika Teknik, berjumlah 60 orang. Data penelitian dikumpulkan melalui angket dalam skala Likert yang disebarkan kepada responden.
Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat kontribusi yang positif dan signifikan dari Gaya Mengajar Guru terhadap minat Hasil Belajar Mekanika Teknik Siswa kelas X SMK Negeri 1 Padang. Dengan nilai R-square sebesar 0,380, dapat diartikan bahwa terdapat hubungan antara Variabel X (gaya mengajar guru) dengan Variabel Y (hasil belajar). Dari hasil perhitungan koefisien determinas dapat disimpulkan bahwa gaya mengajar guru berkontribusi sebesar 14,44% terhadap hasil belajar Mekanika Teknik siswa Kelas X SMK Negeri 1 Padang.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JASCE.
The author holds the copyright of the submitted and published articles, with the understanding that articles are disseminated under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.
The editor team is entitled to do the editing in accordance with the guidelines writing or template in the JASCE.
References
Arifin, Zainal. (2012). Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Buku Panduan PLI Jurusan Teknik Sipil FT-UNP Tahun 2014.
Depdikbud (Departemen Pendidikan dan Kebudayaan). (2001). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Djaali. (2011). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Efendi, Ifan Ferry. (2013). “Studi Tentang Minat Mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Bangunan Angkatan 2009 UNNES Pada Dunia Kerja Antara Profesi Guru Dan Profesi Dunia Teknik Sipil”. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Emzir. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.
Kurniasari, Istiana Dewi. (2016). “Pengaruh Minat Menjadi Guru Dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Terhadap Kesiapan Mengajar Mahasiswa Calon Guru Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2012 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta”. Skripsi. Universitas Yogyakarta.
KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). (2005). Jakarta: Balai Pustaka.
Lubis, Syahron. (2011). Metodologi Penelitian Pendidikan. Padang: Sukabina.
Martha, Taufik. (2013). “Perbedaan Hasil Belajar Berdasarkan Minat Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang”. Skripsi. Universitas Negeri Padang.
Ramadhanti, Fitri. (2016). “Pilihan Karir Lulusan Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang”. Skripsi. Universitas Negeri Padang.
Riduwan dan Kuncoro, Engkos Achmad. (2012). Cara Menggunakan dan Memaknai Path AnalYsis. Bandung: Alfabeta.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor–faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.