KONTRIBUSI GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR MEKANIKA TEKNIK SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 PADANG

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Syukri Rahmad
Rijal Abdullah

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah banyak siswa yang memiliki nilai di bawah KKM karena gaya mengajar guru yang kurang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap Kontribusi Gaya Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Mekanika Teknik Siswa kelas X SMK Negeri 1 Padang.


Populasi sekaligus sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Padang yang telah selesai belajar Mekanika Teknik, berjumlah 60 orang. Data penelitian dikumpulkan melalui angket dalam skala Likert yang disebarkan kepada responden.


Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat kontribusi yang positif dan signifikan dari Gaya Mengajar Guru terhadap minat Hasil Belajar Mekanika Teknik Siswa kelas X SMK Negeri 1 Padang. Dengan nilai R-square sebesar 0,380, dapat diartikan bahwa terdapat hubungan antara Variabel X (gaya mengajar guru) dengan Variabel Y (hasil belajar). Dari hasil perhitungan koefisien determinas dapat disimpulkan bahwa gaya mengajar guru berkontribusi sebesar 14,44% terhadap hasil belajar Mekanika Teknik siswa Kelas X SMK Negeri 1 Padang.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Rahmad, S., & Abdullah, R. (2021). KONTRIBUSI GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR MEKANIKA TEKNIK SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 PADANG. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 2(1), 38-43. https://doi.org/10.24036/asce.v2i1.81566

References

Annuar, Zaipul. (2019). Pengaruh Pelaksanaan PLI.Terhadap.Minat Memilih Profesi Guru Bagi Mahasiswa PTB
Arifin, Zainal. (2012). Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Buku Panduan PLI Jurusan Teknik Sipil FT-UNP Tahun 2014.
Depdikbud (Departemen Pendidikan dan Kebudayaan). (2001). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Djaali. (2011). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Efendi, Ifan Ferry. (2013). “Studi Tentang Minat Mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Bangunan Angkatan 2009 UNNES Pada Dunia Kerja Antara Profesi Guru Dan Profesi Dunia Teknik Sipil”. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Emzir. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.
Kurniasari, Istiana Dewi. (2016). “Pengaruh Minat Menjadi Guru Dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Terhadap Kesiapan Mengajar Mahasiswa Calon Guru Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2012 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta”. Skripsi. Universitas Yogyakarta.
KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). (2005). Jakarta: Balai Pustaka.
Lubis, Syahron. (2011). Metodologi Penelitian Pendidikan. Padang: Sukabina.
Martha, Taufik. (2013). “Perbedaan Hasil Belajar Berdasarkan Minat Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang”. Skripsi. Universitas Negeri Padang.
Ramadhanti, Fitri. (2016). “Pilihan Karir Lulusan Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang”. Skripsi. Universitas Negeri Padang.
Riduwan dan Kuncoro, Engkos Achmad. (2012). Cara Menggunakan dan Memaknai Path AnalYsis. Bandung: Alfabeta.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor–faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.