HUBUNGAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKATtTINGGI (HOTS) DENGAN HASIL BELAJAR MAHASISWA MATA KULIAH QUANTITIY SURVEYING DAN MANAJEMEN PROYEK JURUSAN TEKNIK SIPIL FT-UNP

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Anisa Fardila
Fahmi Rizal

Abstract

penulisan ini bertujuan untuk mengetahui hubungan keterampilan berpikir tinggi (HOTS) dengan hasil belajar mahasiswa mata kuliah Quantitiy Surveying dan Manajemen Proyek Jurusan Teknik Sipil FT-UNP.


      Populasi dalam penelitian ini adalah angkatan 2017 Prodi Pendidikan Teknik Bangunan sebanyak 83 orang. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik probability sampling. Berdasarkan rumus dengan jumlah populasi (N) 83 diperoleh sampel sebanyak 67 orang. Desain penelitian pada penelitian ini adalah kuantitatif. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner tes keterampilan berpikir tingkat tinggi yang telah divalidasi oleh Ahli yaitu dosen Jurusan Teknik Sipil. Data dianalisis secara statistik dengan menggunakan Micosoft Excell2010 dan SPSS 20.0. Dengan menggunakan Rumus korelasi product moment.     


      Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) memiliki hubungan kategori lemah dengan hasil belajar mahasiswa angkatan 2017 Prodi Pendidikan Teknik Bangunan mata kuliah Quantitiy Surveying dan Manajemen Proyek sebesar 0,033 pada taraf signifikansi 0,05. Setelah dilakukan uji t diperoleh hasil bahawa thitung > ttabel sehingga Ha diterima dan Ho di tolak. Jadi disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada keterampilan berpikir tingkatttinggi (HOTS) terhadap hasil belajar mahasiswa. 

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Fardila, A., & Rizal, F. (2021). HUBUNGAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKATtTINGGI (HOTS) DENGAN HASIL BELAJAR MAHASISWA MATA KULIAH QUANTITIY SURVEYING DAN MANAJEMEN PROYEK JURUSAN TEKNIK SIPIL FT-UNP. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 2(1), 108-112. https://doi.org/10.24036/asce.v2i2.84566

References

Anderson dan Krathwohl. 2002. Revisi Taksonomi Bloom. Jakarta: Rineka Cipta
Anderson, L.W., dan Krathwohl, D.R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assesing; A revision of Bloom’s Taxonomy of Education Objectives. New York: Addison Wesley Lonman Inc.
Aningsih, A. 2018. Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi pada Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah I Purwokerto Ditinjau Dari Prestasi Belajar. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Diakses pada tanggal 29 Maret 2019.
Arifin, Z. (2011). Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi. 2010. ProsedurrPenelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Bloom, Benjamin S, etc. 1956. Taxonomy of Educational Objective: The Classificationof Educational Goals, Handbook I Cognitive Domain. New York : Longmans, Green and Co.
Brookhart, S.M. 2010. How To Assess Higher-Order Thinking Skills In Your Classroom. United States of Amerika: ASCD Member Book
Bung Hatta. 2005 Prospek Profesi dan Pendidikan Quantitiy Surveying (QS) di Indonesia. https://bunghatta.ac.id/artikel-49-prospek-profesi-dan pendidikan-quantity-surveying-qs-di-indonesia.html
Duwi Priyatno. 2010. Teknik Mudah dan Cepat Melakukan Analisis Data Penelitian dengan SPSS dan Tanya Jawab Ujian Pendadaran. Gaya Media, Yogyakarta.
Creswell. (2013). Research DesignnPendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta : Pustaka Belajar.
Firdaus, Ambar. dkk. 2019. Pengembangan instrument Tes Higher Order Thinking Skill (HOTS) Boga Dasar untuk Siswa SMK Program Keahlian Tata Boga. Diakses tanggal 07 November 2019.
Hammond, Linda Darling, Kim Austin, Melissa Cheung & Daisy Martin. 2003. Thinking about Thinking: Metacognition. Stanford: Stanford University School of Education.
Hamalik, Oemar, 2007. Manajemen Pengembangan Kurikulum, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Haris Mudjiman. 2007. BelajarrMandiri (Self-motivated Learning). Surakarta : LPP dan LPT Universitas Sebelas Maret.
Yee Mei Heong, Widad Binti Othman, Jailani Bin Md Yunos, 2011, The Level of Marzano Higher Order ThinkinggSkills Among Technical Education Students. International Journal of Social Science and Humanity, Vol. 1, No. 2, July 2011.